MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT ) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DI SDN 07 BARUGA

NURSATRIA 15010104060, N (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT ) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DI SDN 07 BARUGA. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAB ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NURSATRIA, NIM.15010104060, Judul: Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dengan Menggunakan Alat Peraga Di SDN 07 Baruga,(Dibimbing Oleh:Dra. Hj. ST Fatimah Kadir, M.A ). Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaranKooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT ) Dengan Menggunakan Alat Peragadi SDN 07 Baruga pada mata pelajaran Matematika di kelas IVB SDN 07 Baruga, dan untuk mengetahui model model pembelajaranKooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT ) Dengan Menggunakan Alat Peragadapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB di SDN 07 Baruga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK ) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVBpada tahun ajaran 2018/2019yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT ) Dengan Menggunakan Alat Peragaterjadi peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa begitupun juga aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai disetiap siklus. Dimana pada hasil tes awal sebelum pelaksanaan tindakanmelalui pembelajaran model pembelajaranKooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT ) Dengan Menggunakan Alat Peragaketuntasan siswa hanya mencapai46,66%dengan nilai rata-rata 62,66. Kemudiandialakukannya tidakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar mencapai 70% dengan nilai rata-rata 73,66. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 80%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasann mencapai 86,66% dengan nilai rata-rata 83,13. Selanjutnya aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I pertemuan petama hasil aktivitas guru mencapai 73% dan aktivitas siswa mencapai 63,15%. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I akitivitas guru mencapai 78,26% dan aktivitas siswa mencapai 78,94%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama aktivitas guru mencapai 83,33% dan aktivitas siswa mencapai 84,21%. Kemudian pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 94,13% dan aktivitas siswa mencapai 91,66%. Kata Kunci:pembelajaranKooperatifTipeNumbered Head Together (NHT ) Dengan Menggunakan Alat Peraga SDN 07 Baruga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT )
Subjects: Matematika
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 31 Dec 2019 06:24
Last Modified: 31 Dec 2019 06:24
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2240

Actions (login required)

View Item View Item