MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP BILANGAN PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUAH PADA SISWA SD NEGERI 6 WAKORUMBA SELATAN

DIAN FARADILA 15010104056, D (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP BILANGAN PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUAH PADA SISWA SD NEGERI 6 WAKORUMBA SELATAN. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dian Faradila, NIM 15010101056, Meningkatkan Kemampuan Memahami KonsepBilangan Pecahan melalui Pengunaan Media Buah pada Siswa SD Negeri 6 Wakorumba Selatan, Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui bimbingan Dr. Hj. Hadi Machmud, M.Pd Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan memahami bilangan pecahan melalui penggunaan media buah pada siswa di SD Negeri 6 Wakorumba Selatan Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Wakorumba Selatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung pencapaian ketuntasan kemampuan siswa siswa dalam meguasi konsep bilangan pecahan melalui media buah. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan media buah dapat meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan pecahan siswa SD Negeri 6 Wakorumba Selatan. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar yang diperoleh siswa pada pra siklus sebesar 45,45% dengan nilai rata-rata 65,45 yang menunjukkan hasil belaar yang masih rendah. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 72,73% dengan nilai rata-rata adalah 70,91 yang menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media buah namum belum mencapai ketuntasan belajar sesuai indikator keberhasilan. Kemudian dilanjutkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 81,82% dengan nilai rata-rata 80,00 dan telah memenuhi indikator keberhasilan dalam penelitian ini. Adapun peningkatan kemampuan siswa dalam memahami konsep bilangan pecahan dari pra siklus ke siklus I sebesar 50,25%, peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 12,50% dan peningkatan kemampuan siswa dari pra siklus sampai dengan siklus II sebesar 66,99%. Kata Kunci: Memahami Konsep Bilangan Pecahan, Media Buah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: BILANGAN PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUAH
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:14
Last Modified: 31 Dec 2019 07:14
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2243

Actions (login required)

View Item View Item