PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPS DI SDN 07 ANDOOLO KECAMATAN ANDOOLO KABUPATEN KONAWE SELATAN

Fitri Wulandari, NIM. 15010104029, F (2019) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPS DI SDN 07 ANDOOLO KECAMATAN ANDOOLO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK dan lain-lain.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (842kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitri Wulandari, NIM. 15010104029 “Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 07 Andoolo” Dibimbing oleh Erdiyanti, S.Ag, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle.Adapun masalah dalam penelitian ini dibatasi yaitu bagaimanakah hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDNegeri 07 Andoolo dan apakah hasil belajar IPS dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Crossword Puzzle pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 07 Andoolo? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan lima tahapan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi serta analisis dan refleksi dimana teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif untuk memberikan gambaran mengenai peningkatan hasil belajar siswa yang akan diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle dengan diamati menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas guru dan siswa.Hal ini dapat dilihat dari presentase setiap siklus. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 70% sedangkan pertemuan kedua sebesar 80,95%. Siklus II pertemuan pertama sebesar 90% sedangkan pertemuan kedua sebesar 100%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 85%, sedangkan pertemuan kedua sebesar 85,71%. Siklus II pertemuan pertama sebesar 95%, sedangkan pertemuan kedua sebesar 100%. Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 37,5% dengan nilai rata-rata 49,13. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 56,25% dengan nilai rata-rata 58,12. Presentase hasil belajar siswa pada siklus II meningkat secara signifikan dengan presentase 75% dengan nilai rata-rata 69,37. Adapun presentase peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 18,29% sedangkan presentase peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 19,35%, dan peningkatan dari pra siklus ke siklus II sebesar 41,19%. Kata kunci : Strategi Pembelajaran crossword puzzle, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: CROSSWORD PUZZLE SDN 07 ANDOOLO KECAMATAN ANDOOLO KABUPATEN KONAWE SELATAN
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 02 Jan 2020 06:19
Last Modified: 02 Jan 2020 06:19
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2248

Actions (login required)

View Item View Item