PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV C SDN 2 KENDARI

La Ode Muhammad Uti, NIM. 15010104081, L (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV C SDN 2 KENDARI. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK La Ode Muhammad Uti, NIM. 15010104081 “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV C SDN 2 Kendari” dibimbing oleh Raehang, S. Ag. M. Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajarann Student Team Achievement Division (STAD), pada mata pelajaran matematika di SDN 2 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan 2 siklus, pada siswa kelas IV C semester Genap tahun 2018/2019. Dengan prosedur penelitian meliputi identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif dengan maksud untuk memberikan gambaran peningkatan kualitas belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran matematika di kelas IV C dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Terjadi interaksi yang baik selama pembelajaran sehingga persentase aktivitas guru mencapai 96,15% dengan kategori sangat baik dan persentase peningkatan sebesar 7,7%. Sedangkan aktivitas siswa persentase mencapai 96,15% dengan persentase peningkatan sebesar 7,7%. 2) Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran STAD. Hal ini dibuktikan pada hasil belajar siswa sebelum pelaksanaan tindakan dengan nilai rata-rata 51,5 dengan persentasenya sebanyak 25%. Setelah dilakukan tindakan siklus 1 dengan nilai rata-rata 80,25 hasil belajar siswa meningkat dengan presenrase ketuntasan 70%. Sedangkan pada siklus II presentase hasil belajar siswa meningkat secara signifikan yaitu dengan nilai rata-rata 88,75 dengan presentase ketuntasan 95%. Pesentase peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I adalah 55,82%. Pesentase peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 10,59%. Pesentase peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus II adalah sebesar 72,33%. Kata Kunci: Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD , SDN 2 KENDARI ,
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 02 Jan 2020 07:01
Last Modified: 02 Jan 2020 07:01
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item View Item