PERILAKU KONSUMEN DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI NONTUNAI DI MARINA SWALAYAN KENDARI DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM

Zakiah Bunayya Dzarozak. NIM 14020103057, D (2019) PERILAKU KONSUMEN DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI NONTUNAI DI MARINA SWALAYAN KENDARI DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI ABSRTAK LAMPIRAN.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zakiah Bunayya Dzarozak. NIM 14020103057 “Perilaku Konsumen dalam Melakukan Transaksi Nontunai di Marina Swalayan Kendari dalam Tinjauan Ekonomi Islam” Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam melalui Bimbingan Ibu Dr. Hj. Ummi Kalsum, M.Ag dan Ibu Dra. Beti Mulu, M.Pd.I Mengenali perilaku konsumen tidaklah mudah, kadang mereka terus terang menyatakan kebutuhan dan keinginannya, namun sering pula mereka bertindak yang sebaliknya terlebih pada saat mereka melakukan transaksi nontunai. Tujuan penelitian ini adalah (1)untuk mengetahui perilaku konsumen dalam melakukan transaksi non tunai di Marina Swalayan Kendari, (2)untuk mengetahui tinjauan Ekonomi Islam terhadap perilaku konsumen dalam melakukan transaksi non tunai di Marina Swalayan Kendari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan format deskriptif survei yaitu penelitian yang memiliki ciri pemairan (menyebar di permukaan ) ditonjolkan di hampir semua pengungkapannya, dan karena populasinya yang luas menyebabkan penelitian ini tidak mampu mencapai ke dalam data seperti dalam studi kasus. Ketidakmampuan ini menyebabkan survei bersifat dangkal, di permukaan dan hanya menguliti saja. Akan tetapi dengan survei memungkinkan kita mengeneralisasi suatu gejala sosial atau variabel sosial tertentu kepada gejala sosial atau variabel sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dokumentasi dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif berguna untuk mengilustrasikan atau mendeskripsikan berbagai gejala berdasarkan keadaan apa adanya dari gejala itu sendiri tanpa perlu mempertanyakan mengapa gejala tersebut terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perilaku konsumen dalam melakukan transaksi nontunai di Marina Swalayan adalah tidak konsisten dan cenderung konsumtif. (2) Menurut tinjauan Ekonomi Islam terhadap perilaku konsumen dalam melaukan transaksi nontunai di Marina Swalayan Kendari adalah belum sesuai dengan perilaku konsumen muslim. Ini dilihat bahwa konsumen belum memenuhi keempat prinsip dari perilaku konsumen dalam ekonomi Islam, dalam hal ini prinsip syariat, prinsip kuantitas yang di dalamnya termasuk etika dan batasan konsumsi, prinsip prioritas dan juga prinsip sosial. ABSTACT Zakiah Bunayya Dzarozak. NIM 14020103057 “Consumer Behaviour in Conducting Non-cash Transactions at Marina Market Kendari in the Overview of Islamic Economics” Islamic Economics Program of Economics and Business of Islam Faculty, Through Counseling of Mrs. Dr. Hj. Ummi Kalsum, M.Ag and Mrs. Dra. Beti Mulu, M.Pd.I Recognizing consumer behavior is not easy, sometimes they frankly state their needs and desires, but they often act the opposite especially when they do non-cash transactions. The purpose of this researches are (1 ) to determine consumer behaviour in conducting non-cash transactions at Marina Market Kendari, (2) to find out reviews of Islamic Economics on consumer behaviour in conducting non-cash transactions at Marina Market Kendari. The type of research used is quatitative researsh with a descriptive survey format, namely research that has the characteristics of irrigation (spreading on the surface ) is highlighted in almost all disclosures, and because of its large populations this research is unable to reach data as in case studies. This inability causes surveys to be superficial, on the surface and only skinning. However, surveys allow us to generalize a particular social phenomenon or social variable to social symptoms or social variables. Data collection methods used in this study were questionnaires, documentation and observation. The data analysis method used is descriptive statistics that are useful for illustrating or describing various symptoms based on the state of existence of symptoms themselves withot the need to queston why these symptoms occur. The result of this research indicate that (1 ) Consumer behavior in conducting non-cash transactions at Marina Market is inconsistent and tends to be consumptive, (2) According to the review of Islamics Economics on consumer behaviour in carrying out non-cash transactions at Marina Market Kendari is not yet in accordance with Muslim consumer behaviour. It is seen that consumers have not fulfilled the four principles of consumer behaviour in Islamic economics, in this case the principles of Shari’a, the principles of quantity which includes ethics and limits on consumption, priority principles and also social principles.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PERILAKU KONSUMEN , TRANSAKSI NONTUNAI , MARINA SWALAYAN KENDARI
Subjects: Fiqhi
Ekonomi
Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 17 Feb 2020 00:45
Last Modified: 17 Feb 2020 00:45
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2273

Actions (login required)

View Item View Item