STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 WAKATOBI KABUPATEN WAKATOBI

HARMAN NIM, 12010101072,, H (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 WAKATOBI KABUPATEN WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER, DAFTAR ISI, ABSTRAK.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5 DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HARMAN NIM, 12010101072, “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Al-Qur’an Siswa di SMA Muhammadiyah 2 Wakatobi Kabupaten Wakatobi”, (DIBIMBING OLEH: Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.ag). Penelitian ini mengkaji tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Al-Qur’an Siswa di SMA Muhammadiyah 2 Wakatobi. Kabupaten Wakatobi fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Kesulitan belajar membaca Al-Qur’an pada siswa di SMA Muhammadiyah 2 Wakatobi, Kabupaten Wakatobi (2)Strategi Guru Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 2 Wakatobi Kabupaten Wakatobi Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan menggambarkan objek penelitian yang sesuai hasil penelitian, hasil pengamatan, dan pengkajian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga metode, yakni reduksi data, display data dan verifikasi data. Adapun pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan trigulasi teknik, sumber dan waktu sedang sumber peneletian ini meliputi, kepala sekolah, guru, siswa. Untuk dijadikan sebagai sumber informan sebab peneliti menilai bahwa mereka inilah yang berkopetensi memberikan keterangan atau data yang berhubungan erat dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kesulitan membaca al-qur’an pada siswa SMA Muhammadiyah 2 Wakatobi yang pertama: kurangnya minat belajar dari siswa untuk membaca al-qur’an. Yang kedua pengucapan huruf masih ada yang keliru dalam penyebutan, yang ketiga faktor lingkungan tempat mereka tinggal, yang keempat kurangnya dorongan dari orang tua untuk menyuruh anaknya belajar membaca al-qur’an. 2) strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca alqur’an yaitu yang pertama kegiatan pendahuluan: membentuk karakter siswa yang dekat dengan Al-Qur’an dengan membaca surat An-Nas sampai Al-Ashr, melakukan apersepsi pembelajaran. Yang kedua kegiatan penyajian: menggunakan materi dari LKS maupun buku penunjang PAI, pembelajaran membaca al-quran melalui tutor teman sebaya, mengadakan kegiatan prifat membaca Al-Qur’an. Yang ketiga kegiatan penutup: melakukan refleksi pelajaran. Strategi guru PAI dalam evaluasi pembelajaran yaitu mengadakan tes membaca Al-Qur’an dengan kriteria penilaian: ketepatan makhraj, kesesuaian bacaan dengan tajwid. Penilaian psikomotorik yang dilakukan guru pada siswa berupa penilaian dari segi keindahan bacaan siswa seperti membaca dengan Tartil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KESULITAN BACA AL-QUR’AN SISWA , SMA MUHAMMADIYAH 2 WAKATOBI KABUPATEN WAKATOBI
Subjects: Agama
Pendidikan
Al-Qur'an
Pendidikan Islam
Islam (Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:24
Last Modified: 17 Feb 2020 03:24
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2282

Actions (login required)

View Item View Item