MEMBANGUN SEKOLAH EFEKTIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH UMMUSHABRI KENDARI

ANA MUSDIANA NIM: 12010103039, A (2019) MEMBANGUN SEKOLAH EFEKTIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH UMMUSHABRI KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ana Musdiana NIM 12010103039. Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Efektif di Madrasah Ibtidaiyah Ummushabri Kendari. Dibimbing Oleh: Dr Sitti Nurfaidah, S.Pd., M.Ed Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) bagaimana implementasi kompetensi manajerial di MI Ummushabri Kendari. 2) bagaimana upaya manajerial kepala sekolah dalam membangun sekolah efektif. Penelitian ini membahas tentang kompetensi manajerial kepala sekolah dalam membangun sekolah efektif dengan mengoptimalkan kompetensinya sebagai pemimpin. Objek penelitian ini adalah kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikasi menjadi data primer dan skunder. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang selanjutnya di analisis dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Dengan mengacu pada penjabaran 16 indikator kompetensi manajerial yang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007, peneliti telah melakukan penelitian dan menunjukkan hasil bahwa pelaksanaan atau pengimplementasian kompetensi manajerial di MI Ummushabri Kendari dikatakan telah terlaksana dengan baik. Berdasarkan hal tersebut maka kepala sekolah di MI Ummushabri kendari cukup berkompeten dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin atau manajer guna untuk mengantarkan perwujudan konkrit tujuan yang telah di tentukan sebelumnya dengan efektif dan efisien. Karena keberhasilan suatu sekolah sangat ditentukan penguasaan kompetensi atau kemampuan sebagai seorang pemimpin. 2)Dengan sistem manajemen yang transparan, akuntabel dan ditambah dengan program pengembangan yang cukup intens dan diarahkan pada perwujudan tujuan madrasah. Hal tersebut mampu menjadikan MI Ummushabri Kendari sebagai sekolah efektif yang memiliki keselarasan antara harapan dan hasil yang dicapai. Terbukti dengan dijadikannya madrasah tersebut sebagai sekolah percontohan dengan kelas bertaraf internasional, memiliki santri yang berdaya saing da telah mampu menjalin kerja sama dengan dengan negara lain seperti malaysia, thaiand dan singapore. Kata kunci: kompetensi manajerial, sekolah efektiff

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kompetensi manajerial, sekolah efektiff
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 18 Feb 2020 05:37
Last Modified: 18 Feb 2020 05:37
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2289

Actions (login required)

View Item View Item