MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SMP SATU ATAP NEGERI 01 POLEANG KECAMATAN POLEANG KABUPATEN BOMBANA

Wahida. A, Nim. 12010103071, W (2019) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SMP SATU ATAP NEGERI 01 POLEANG KECAMATAN POLEANG KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DANABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DANLAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wahida. A, Nim. 12010103071. “Manajemen Kepala Sekolah dalam Menciptakan Lingkungan Belajar di SMP Satap Negeri 01 Poleang Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), melalui bimbingan Ibu Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA Penelitian ini membahas tentang manajemen kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar di SMP Satu Atap Negeri 01 Poleang Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi lingkungan belajar SMP Satu Atap Negeri 01 Poleang dan untuk mendeskripsikan manajemen kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar di SMP Satu Atap Negeri 01 Poleang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana data diklarifikasikan dalam data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari library research (penelitian kepustakaan) dan field research (penelitian lapangan) dengan pengolahan data melalui reduksi data, display dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi lingkungan belajar SMP Satu Atap Negeri 01 Poleang masih sangat jauh dari lingkungan yang ideal, hal ini dilihat dari ruang belajar dan penunjang sekolah seperti tidak adanya mushala di lingkungan sekolah, ruang perpustakaan yang kurang ideal dengan tidak disediakannya kursi dan meja, kurangnya sumber-sumber belajar. sedangkan untuk Lingkungan sosial sekolah berjalan cukup baik, hubungan guru dengan siswa, hubungan siswa dengan siswa serta hubungan guru dengan guru meskipun masih ada guru yang kurang disenangi dan biasa masih sering didapatkan para siswa yang berkelahi. Manajemen kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar di SMP Satu Atap Negeri 01 Poleang adalah dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap sarana dan prasarana sekolah, tata tertib guru, tata tertib siswa dan proses pembuatan administrasi pembelajaran guru. Pada tahapan perencanaan dimulai dengan pendataan akan sarana dan prasarana sekolah, pembuatan tata tertib guru dan siswa serta kelengkapan administrasi pembelajaran sampai pada tahapan pengorganisasian berjalan dengan baik, namun pada tahapan pelaksanaan tidak berjalan dengan baik. Sedangkan pada tahapan pengendalian atau pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah juga tidak berjalan dengan baik. Kata Kunci: Manajemen,Kepala Sekolah, Lingkungan Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Manajemen,Kepala Sekolah, Lingkungan Belajar.
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 20 Feb 2020 01:53
Last Modified: 20 Feb 2020 01:53
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2296

Actions (login required)

View Item View Item