Hartati, NIM : Kl.4010101036 (2016) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Dengan Menggunakan Media Kartu Kata di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Bungantulasi Kota Baubau. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (327kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Hartati Nim. Kl.4010101036, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Dengan Menggunakan Media Kartu Kata di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Bungantulasi Kota Baubau. (Dibimbing Oleh : Aliwar, S,Ag.,M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan menggunakan media kartu kata pada anak kelompok B di TK Bungantulasi Kota Baubau. Kemampuan mengenal huruf yang ditingkatkan ialah menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam mengenal huruf di kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas.Subjek penelitian ini sebanyak 24 anak. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal huruf menggunakan media kartu kata. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument observasi daftar cek (check List).Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok B di TK Bungantulasi Kota Baubau dapat ditingkatkan menggunakan media kartu kata dalam proses pembelajaran permainan tebak huruf pada kartu kata dengan cara masingmasing anak membawa/memegang kartu kata secara langsung dan memainkannya sesuai instruksi guru yaitu menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal huruf yaitu pada kondisi awal sebesar 29,2% meningkat pada Siklus I menjadi 58,3%, dan Siklus II meningkat sebesar 83,3%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Aliwar, S,Ag.,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Mengenal Huruf,Media Kartu Kata |
Subjects: | Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aldhy Purwanto . |
Date Deposited: | 03 May 2018 04:04 |
Last Modified: | 03 May 2018 04:04 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/231 |
Actions (login required)
View Item |