IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH PADA MADRASAH ALIYAH NURUL HUSNA PALANGGA KABUPATEN KONAWE SELATAN

Ilham (12010103064), I (2019) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH PADA MADRASAH ALIYAH NURUL HUSNA PALANGGA KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ilham (12010103064), Judul: Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Pada Madrasah Aliyah Nurul Husna Palangga Kabupaten Konawe Selatan. (Dibimbing Oleh: Syamsuddin, S.Pd.I, M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi manajemen berbasis madrasah di Madrasah Aliyah Nurul Husna Palangga Kabupaten Konawe Selatan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen berbasis madrasah di Madrasah Aliyah Nurul Husna Palangga Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriktif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei s/d Agustus 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan data tersebut dinarasikan dan ditarik kesimpulan. Informan penelitian adalah Kepala Madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen berbasis madrasah di Madrasah Aliyah Nurul Husna Palangga Kabupaten Konawe Selatan yang berfokus pada dua aspek yakni: 1) Manajemen kurikulum di Madrasah dilaksanakan dalam tahapan perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pelaksanaan kurikulum, pengawasan kurikulum dilaksanakan dengan dua cara, yaitu pengawasan langsung dan pengawasan tidak langsung, dan evaluasi kurikulum. 2) Pelibatan komite madrasah dalam implementasi Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah Aliyah Nurul Husna Palangga Kabupaten Konawe Selatan yakni komite sekolah tersebut berperan sebagai Badan Penghubung (Mediator Agency). Adapun yang menjadi faktor pendukungnya yaitu kompetensi Kepala madrasah, dukungan dari guru-guru dan semangat siswa. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya sarana prasarana, kesibukan kepala madrasah, profesionalisme guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MANAJEMEN, BASIS MADRASAH, MAN NURUL HUSNAH, PALLANGGA KABUPATEN KONAWE SELATAN
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Islam (Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:15
Last Modified: 10 Mar 2020 02:15
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2318

Actions (login required)

View Item View Item