PERSEPSI ORANG TUA SISWA DALAM PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 KENDARI

Lia Windari, NIM. 15010101033, L (2019) PERSEPSI ORANG TUA SISWA DALAM PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIERAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lia Windari, NIM. 15010101033, “Persepsi Orang Tua Siswa dalam Penerapan Full Day School di SMK Negeri 1 Kendari”. Bimbingan oleh Prof. Dr. H. Zulkifli Musthan, M.Si., M. Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). bentuk kegiatan sekolah dalam penerapan full day school. 2). persepsi orang tua siswa dalam penerapan full day school di SMK Negeri 1 Kendari. 3). faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan full day school di SMK Negeri 1 Kendari. Penelitian ini membahas tentang persepsi orang tua siswa dalam penerapan full day school di SMK Negeri 1 Kendari. Objek penelitian ini adalah orang tua siswa, guru, kepala sekolah dan siswa SMK Negeri 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklarifikasi menjadi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Bentuk kegiatan yang dilakukan sekolah dalam penerapan full day school yaitu melakukan kegiatan belajar mengajar mulai dari hari Senin sampai Jum’at mulai pukul 07.15 sampai 15.30, sedangkan hari Sabtu diisi dengan kegiatan ekstrakurikuler, melaksanakn bimbingan keagamaan berupa bimbingan sholat berjama’ah, kegiatan membaca mandiri dan pada hari Jum’at mengadakan kegiatan kokurikuler keagamaan/SKJ. 2). Persepsi orang tua siswa tentang penerapan full day school di SMK Negeri 1 Kendari yaitu ada orang tua siswa yang setuju dan adapula yang tidak setuju. Alasan orang tua siswa setuju karena anak lebih beraktifitas di sekolah dari pada di rumah sehingga anak mempergunakan waktunya untuk menambah ilmu pengetahuan dan mengurangi kegiatan siswa yang kurang bermanfaat. Sedangkan alasan orang tua siswa tidak setuju yaitu karena anak lebih capek, menambah biaya sekolah dan waktu untuk bersama keluarga menjadi berkurang. 3). Faktor pendukung penerapan full day school yaitu sarana dan prasarana sekolah, kurikulum, guru yang tersedia, dan dana sekolah. Sedangkan faktor pengahambatnya yaitu kurangnya kesiapan mental dan fisik anak untuk bertahan melakukan proses pembelajaran yang lebih lama yaitu mulai dari jam 07.15 sampai 15.20 di sekolah. Kata Kunci: Persepsi, Orang Tua Siswa, Full Day School

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Persepsi, Orang Tua Siswa, Full Day School, PENDIDIKAN
Subjects: Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:54
Last Modified: 11 Mar 2020 01:54
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2325

Actions (login required)

View Item View Item