ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VII DI MTsN 1 KONAWE SELATAN

LITA WATI BUTON, NIM 15010110013, L (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VII DI MTsN 1 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (936kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK LITA WATI BUTON, NIM 15010110013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kelas VII MTsN 1 Konawe Selatan. Dibimbing oleh (Jumardin La Fua S.Si,M.Si ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan sisiwa. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Konawe Selatan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIA MTsN 1 Konawe Selatan, yang berjumlah 17 siswa, terdiri dari 10 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan dokomentasi dan interview/ wawancara. Tujuan dari dokumentasi adalah unruk mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan masalah matematika. Adapun tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi tetang alternative pilihan jawaban dan menganalisis kesalahan siswa terhadap soal Aritmetika sosial yang di berikan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa secara keseluruhan kesalahan terbanyak terletak pada jenis kesalahan penentuan jawaban akhir dengan jumlah siswa 17 orang dengan persentase 100%, dari pada kesalahan proses sebanyak 16 orang siswa dengan persentase 94%, kesalah transformasi sebanyak 13 sisiwa dengan persentase 76,4 %, kesalah pemahaman sebanyak 9 siswa dengan persentase 52,9%, dan kesalahan membaca sebanyak 5 siswa dengan persentase 29,4% karena, sisiwa kurang paham tentang soal yang di berikan. Faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah dalam materi aritmetika sosial yaitu: terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal faktor yang berasal dari diri siswa seperti kurangnya motivasi belajarar, minat, dan kreativitas siswa, sedangkan faktor eksternal faktor yang berada di luar diri siswa seperti, orang tua dan teman-teman berisik di dalam ruangan maupun diluar ruangan kelas saat sisiwa sedang belajar. Kata Kunci: Analisis kesalahan, masalah matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Analisis kesalahan, masalah matematis.MATEMATIKA
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, masalah matematis.MATEMATIKA
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 13 Mar 2020 08:30
Last Modified: 18 Feb 2021 02:42
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2352

Actions (login required)

View Item View Item