EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

WA LINDA, NIM. 15010103040,, W (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN LAMPIRAN.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK WA LINDA, NIM. 15010103040, “Efektivitas Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran”. Di bimbing oleh Hj. Isna Humaera, S.Ag.,S.Pd.,M.Pd. Google classroom merupakan layanan berbasis Internet yang disediakan oleh google sebagai sebuah sistem pembelajaran. Para dosen dan mahasiswa yang menggunakan aplikasi ini dapat melakukan pembelajaran secara online melalui komputer dan telepon genggam yang dimiliki masing-masing mahasiswa yang memungkinkan terciptanya ruang kelas di dunia maya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas google classroom dalam proses pembelajaran. Efektifitas itu dilihat dari aspek mekanisme penggunaan google classroom, respon dan kepahaman mahasiswa terhadap materi, dan kendalakendala yang didapatkan dalam penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui metode wawancara dan dokumentasi dengan dosen dan para mahasiswa program studi Bahasa Inggris semester IV angkatan 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan google classroom cukup efektif tapi belum maksimal dan tidak efisien. Efektifnya dilihat dari pembuatan dan pengiriman tugas serta penyajian materi. Ketidak maksimalnya dipengaruhi oleh beberapa kendala tehknik. Sedangkan ketidak efisiennya karena setiap pembelajaran ini tidak bisa terhitung dalam satu kali pertemuan artinya proses perkuliahan tetap 16 kali pertemuan dalam satu semester sehingga ini menjadi tidak efisien. Selain itu, ada beberapa kendala tehnik yang disebabkan karena beberapa hal diantaranya para mahasiswa dari setiap kelompok belajar tidak semuanya masuk ke akun yang telah disediakan oleh dosen yang bersangkutan. Selain itu, ada juga mahasiswa yang tidak memiliki hp android, ada juga mahasiswa tidak memiliki paket data pada saat diskusi online sedang berlangsung bahkan ada juga mahasiswa yang mengirim tugas menggunakan akun teman. Kata Kunci: Efektivitas, Google Classroom, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Google Classroom, Media Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, Media Pembelajaran
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 16 Mar 2020 08:10
Last Modified: 18 Feb 2021 02:34
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2376

Actions (login required)

View Item View Item