WA LINDA, NIM. 15010103040,, W (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER DAFTAR ISI DAN LAMPIRAN.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (256kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK WA LINDA, NIM. 15010103040, “Efektivitas Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran”. Di bimbing oleh Hj. Isna Humaera, S.Ag.,S.Pd.,M.Pd. Google classroom merupakan layanan berbasis Internet yang disediakan oleh google sebagai sebuah sistem pembelajaran. Para dosen dan mahasiswa yang menggunakan aplikasi ini dapat melakukan pembelajaran secara online melalui komputer dan telepon genggam yang dimiliki masing-masing mahasiswa yang memungkinkan terciptanya ruang kelas di dunia maya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas google classroom dalam proses pembelajaran. Efektifitas itu dilihat dari aspek mekanisme penggunaan google classroom, respon dan kepahaman mahasiswa terhadap materi, dan kendalakendala yang didapatkan dalam penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui metode wawancara dan dokumentasi dengan dosen dan para mahasiswa program studi Bahasa Inggris semester IV angkatan 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan google classroom cukup efektif tapi belum maksimal dan tidak efisien. Efektifnya dilihat dari pembuatan dan pengiriman tugas serta penyajian materi. Ketidak maksimalnya dipengaruhi oleh beberapa kendala tehknik. Sedangkan ketidak efisiennya karena setiap pembelajaran ini tidak bisa terhitung dalam satu kali pertemuan artinya proses perkuliahan tetap 16 kali pertemuan dalam satu semester sehingga ini menjadi tidak efisien. Selain itu, ada beberapa kendala tehnik yang disebabkan karena beberapa hal diantaranya para mahasiswa dari setiap kelompok belajar tidak semuanya masuk ke akun yang telah disediakan oleh dosen yang bersangkutan. Selain itu, ada juga mahasiswa yang tidak memiliki hp android, ada juga mahasiswa tidak memiliki paket data pada saat diskusi online sedang berlangsung bahkan ada juga mahasiswa yang mengirim tugas menggunakan akun teman. Kata Kunci: Efektivitas, Google Classroom, Media Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Google Classroom, Media Pembelajaran |
Uncontrolled Keywords: | Google Classroom, Media Pembelajaran |
Subjects: | Manajemen Kinerja Guru Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 08:10 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 02:34 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2376 |
Actions (login required)
View Item |