Studi Perbandingan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan NHT (Numbered Head Together)terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA MAN 01 Konsel

Yurmida (15010108021 ), Y (2020) Studi Perbandingan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan NHT (Numbered Head Together)terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA MAN 01 Konsel. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DATAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yurmida (15010108021 ), Studi Perbandingan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan NHT (Numbered Head Together)terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA MAN 01 Konsel Skripsi Kendari : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN ) kendari 2019 (Dibimbing oleh: Erdiyanti, S.Ag, M.Pd, selaku pembimbing I dan Halmuniati, S.Pd, M.Pd, selaku pembimbing II ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Hasil belajar biologi siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT ) (2)Hasil belajar Biologi siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan model Kooperatif tipe Jigsaw (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar Biologi siswa yang diajar dengan menggunakan model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT ) dan Jigsaw. Penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) sebanyak 17 siswa dan kelas XI IPA 2 (kelas kontrol ) sebanyak 17 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian menggunakan uji t menunjukkan nilai tes statistik hasil uji paired sample t test output pair 1 diperoleh t hitung> t tabel pada taraf signifikansi 5% (21,440 > 2,120)maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan secara signifikan pada skor hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen yang menggunakan Model NHT, dan hasil uji paired sample t test output pair 2 di peroleh t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% (20,025> 2,120) maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan secara signifikan pada skor hasil belajar siswa untuk kelas kontrol yang menggunakan Model Jigsaw. Hasil uji Independent sample t tes (uji t sampel tidak berpasangan ) memperoleh fhitung >Ftabel atau 2,7176 > 2,037 (p)0,05 Ho ditolak maka dapat disimpulkan bahwa’’ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe NHT dengan yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe Jigsaw’’. Dengan demikian penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe Numbered Head Together (NHT ) pada mata pelajaran Biologi jauh lebih baik di bandingkan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe Jigsaw. Kata kunci :Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, NHT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, NHT
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, NHT
Subjects: Kinerja Guru
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 18 Mar 2020 01:59
Last Modified: 18 Feb 2021 02:04
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2406

Actions (login required)

View Item View Item