MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS IV SDN 5 RANOMEETO BARAT

Fitriani Sukirman. 15010104007, F (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS IV SDN 5 RANOMEETO BARAT. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitriani Sukirman. 15010104007 “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Pada Siswa Kelas IV SDN 5 Ranomeeto Barat”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), melalui bimbingan bapak Aliwar, S.Ag, M.Pd. Penelitian ini membahas tentang “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ”) Pada Siswa Kelas IV SDN 5 Ranomeeto Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IV setelah menggunakan pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dan untuk mengetahui apakah pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ)dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 5 Ranometo Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. objek penelitian ini adalah siswa kelas IV IPA SDN 5 Ranomeeto Barat pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Learning Start With A Question terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada hasil belajar siswa begitupun juga aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai disetiap siklus. Dimana pada hasil tes awal sebelum pelaksanaan tindakan melalui model pembelajaran Learning Start With A Question ketuntasan siswa hanya mencapai 41,17% dengan nilai rata-rata 62,94. Kemudian dialakukannya tidakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar mencapai 64,,70% dengan nilai rata-rata 72,41. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 80%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasann mencapai 82,35% dengan nilai rata-83,88. Selanjutnya aktivitas guru dan siswa Pada siklus I pertemuan pertama hasil aktivitas guru mencapai 73,75% dan aktivitas siswa mencapai 72,5%. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I Aktivitas guru mencapai 78,75% dan aktivitas siswa mencapai 80%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama aktivitas guru mencapai 85% dan aktivitas siswa mencapai 86,25%. Kemudian pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 90% dan aktivitas siswa mencapai 88,75%. Kata Kunci: Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ), Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ), Hasil Belajar IPA
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ), Hasil Belajar IPA
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 18 Mar 2020 03:34
Last Modified: 18 Feb 2021 01:53
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2412

Actions (login required)

View Item View Item