Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan Bahasa Arab Melalui Teknik Pembelajaran SQ4-R (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Kendari)

Dr., Batmang (2013) Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan Bahasa Arab Melalui Teknik Pembelajaran SQ4-R (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Kendari). Shautut Tarbiyah, 19 (2). pp. 80-93. ISSN 2579-9754

[img]
Preview
Text
receipt_Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan Bahasa Arab Melalui Teknik Pembelajaran SQ4-R (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Kendari).pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
receipt_Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan Bahasa Arab Melalui Teknik Pembelajaran SQ4-R (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Kendari).pdf

Download (331kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.iainkendari.ac.id/shautut-tarbiyah...

Abstract

Tujuan dari penehtian ini adalah untuk meningkatkan kemampuun siswa pada semester ke enam Departemen Arab Bahasa Pendidikan Akademik 2012-2013 dalam memahami teks-teks Arab dengan penerapan teknik pembelajaran SQ4-R. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dan pendekatan kualitatif Metode untuk mengumpulkan data yang: observasi, wawancara, portefolio, membaca tes pemahaman, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengurangi, menyajikan den dengan menarik kesimpulan, Temuan penelitian: Penerapan dari SQ4-R mengalami modifikasi dengan penambahan tahap pembelajaran, yaitu tahap untuk menemukan kosakata dan makna dalam kamus yang terjadi pasca tahap survei, Melalui penelitian tindakan ini, SQ4-R telah djubah menjadi SVQ4-R. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada kemampuan siswa di mana kemampuan awal mereka hanya mencapai pemahaman literal dengan kelas rata-rata 5] pada sebelum tindakan 70 5 pada siklus ] 79 68 pada siklus ke-Z, dan 89,22 pada siklus ke-S, Nilai rata-rata pada pemahaman interpretatif, sebelum tindeken, tidak muncul, pada siklus I , 68, pada tanggal 2 siklus 69A dan pada siklus ke-S, 75. Nilai rata-rata pada pemahaman kritis dan aplikasi, sebelum tindakan tidak muncul pada siklus 1, 67 3, pada siklus ke-Z 73,4, dan pada siklus ke-S, 8],09. Kata kunce abUt:y dalam memahaml teks bacaau, teknik pembelajaran S:Q4-:R dan penelltla n tlndakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Memahami Bacaan Bahasa Arab Pembelajaran SQ4-R
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Ilmu Bahasa
Divisions: KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_BATMANG
KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_BATMANG
Depositing User: Aldhy Purwanto
Date Deposited: 04 Apr 2020 14:16
Last Modified: 04 Apr 2020 14:16
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2453

Actions (login required)

View Item View Item