PENGARUH PENGETAHUAN DASAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

BASIROTUN, NURUL SHOLEHAH (2019) PENGARUH PENGETAHUAN DASAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, IAINKENDARI.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 6.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 1-5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
hasil ceker skripsi PCX - Report.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dasar matematika siswa dan motivasi belajar siswa terhadap pemahaman matematis siswa siswa kelas VIII MTs Darul Ulum di Desa Bima Maroa Kec.Andoolo Barat Kab. Konawe Selatan. dengan objek penelitian siswa kelas VIII dengan yang terdiri dari 2 kelas ( VIII A dan VIII B) dengan jumlah populasi keseluruhan sebanyak 52 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 46 orang siswa MTs Darul Ulum di Desa Bima Maroa Kec.Andoolo Barat Kab. Konawe Selatan Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Deskriptif dan Analisis Inferensial. Analisis Deskriptif untuk mendeskripsikan karasteristik dari tiap-tiap indikator dalam variabel yang memberikan gambaran dari masing-masing variabel menghitung rata-rata, modus, varians, dan presentase. Sedangkan Analisis Inferensial untuk pengujian Prasyarat Analisis yang meliputi Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Otokorelasi, dan Uji Multikolinearitas dan pengujian Hipotesis meliputi Uji Secara Simultan dan Uji Secara Parsial Hasil Penelitian ini berupa angka kemudian ditabulasi dalam bentuk distribusi frekuensi dan analisis deskriptif persentase untuk memberikan gambaran atau deskripsi tentang data yang ada. Variabel yang berpengaruh pada pemahaman matematis siswa yaitu hanya variabel pengetahuan dasar matematika siswa, sedangkan motivasi belajar tidak berpengaruh pada pemahaman matematis siswa. Pada uji simultan variabel terikat pengetahuan dasar matematika siswa berpengaruh sebesar 33% terhadap variabel bebas pemahaman matematis siswa, sisanya sebesar 67% dapat dipengaruhi oleh faktor/variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Matematika, Pengetahuan Dasar, Motivasi, dan Pemahaman
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Ilmu Murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Aldhy Purwanto
Date Deposited: 10 Apr 2020 09:08
Last Modified: 26 Oct 2021 01:50
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2500

Actions (login required)

View Item View Item