PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK MELALUI MEDIA STRIP STORY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VII SMP ILMIAH KENDARI

Deni Marliani, NIM 16010101095,, D (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK MELALUI MEDIA STRIP STORY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VII SMP ILMIAH KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
CAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5A.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
CAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Deni Marliani, NIM 16010101095, Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talking Stick Melalui Media Strip Story dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Ilmiah Kendari, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui bimbingan Dr. Supriyanto, M.Ag Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick melalui media strip story pada siswa di SMP Ilmiah Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Ilmiah Kendari. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick melalui media strip story. Berdasarkan analisis hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick melalui media strip story dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Ilmiah Kendari. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar yang diperoleh siswa pada pra siklus sebesar 21,43% dengan nilai rata-rata 65,71. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 60,71% dengan nilai rata-rata adalah 82,96. Kemudian dilanjutkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 85,71% dengan nilai rata-rata 90,89. Adapun peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII dari pra siklus ke siklus I sebesar 26,26%, peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 41,17% dan peningkatan kemampuan siswa dari pra siklus sampai dengan siklus II sebesar 30%. Kata Kunci: Cooperative learning; talking stick; media strip story; hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Cooperative learning; talking stick; media strip story; hasil belajar
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning; talking stick; media strip story; hasil belajar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 03 Aug 2020 03:02
Last Modified: 03 Aug 2020 03:02
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2619

Actions (login required)

View Item View Item