MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF DI KELAS I SD NEGERI 59 TONGKOSENG KABUPATEN BOMBANA

AHMAD, NIM: Kl.14010101019 (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF DI KELAS I SD NEGERI 59 TONGKOSENG KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (704kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad, Nim. 14010101019. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Murid Melalui Permainan Kartu Huruf di Kelas I SD Negeri 59 Tongkoseng Kabupaten Bombana”melalui bimbingan Jumardin La Fua, S.Si. M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam membaca, terutama dalam mengenal huruf dan merangkai kata. Atas permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik untuk mencari solusi pemecahan masalah melalui serangkaian tindakan penelitian dengan menggunakan media kartu huruf. Karena itu, peneliti mengemukakan judul “Meningkatkan Kemampuan Membaca Murid Melalui Melalui Permainan Kartu Huruf di Kelas I SD Negeri 59 Tongkoseng Kabupaten Bombana”.Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca murid kelas di SD Negeri 59 Tongkoseng Kabupaten Bombana. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, observasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan peningkatan kemampuan kemampuan membaca murid dianalis secara kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca murid di kelas I SD Negeri 59 Tongkoseng. Hal tersebut dapat diamati dari perkembangan kemampuan membaca murid yang terus menunjukkan peningkatan, mulai dari tahap pengenalan huruf hingga pada tahap kemampuan merangkai huruf menjadi kata sederhana. Ditinjau dari aspek ketuntasan belajar, pada siklus pertama peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 72,22%, kemudian pada siklus II, ketuntasan belajar peserta didik meningkat mencapai 100% atau semua murid mengalami ketuntasan belajar. Dengan pencapaian ini, maka hipotesis tindakan terbukti bahwa penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca murid di SD Negeri 59 Tongkoseng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Jumardin La Fua, S.Si. M.Si.
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMBACA SISWA, PERMAINAN KARTU HURUF
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 27 Sep 2017 06:58
Last Modified: 27 Sep 2017 06:58
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item