PROMOSI TABUNGAN iB HASANAH PADA BANK BNI SYARIAH CABANG KENDARI HALAMAN JUDUL

SALWATI NIM. 15050102062, S (2020) PROMOSI TABUNGAN iB HASANAH PADA BANK BNI SYARIAH CABANG KENDARI HALAMAN JUDUL. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Salwati NIM : 15050102062 Judul Skripsi : Promosi Tabungan iB Hasanah pada Bank BNI Syariah Cabang Kendari Bank Syariah adalah bank yang menjalankan segala kegiatan usahanya dalam memberikan jasa dan lalu lintas pembayaran berdasarkan prinsip syariah. Pada tanggal 29 April tahun 2000, Berdasarkan Undang-undang No. 10 Tahun 1998, telah didirikan salah salah satu Unit Usaha Syariah yaitu BNI Syariah. Salah satu produk pendanaan yang banyak menarik minat masyarakat adalah Tabungan iB Hasanah hal tersebut mendorong minat untuk menganalisis metode promosi yang digunakan dalam memperkenalkan produk iB Hasanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana promosi tabungan iB Hasanah Bank BNI Syariah Cabang Kendari; 2) Apakah promosi meningkatkan jumlah nasabah tabungan iB Hasanah Bank BNI Syariah Cabang Kendari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), conclucion drawing/verication. Penelitian ini dilakukaan berdasarkan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, berupa data-data tertulis atau lisan dari nasabah produk iB Hasanah maupun dari MM BNI Syariah Cabang Kendari tentang promosi tabungan iB Hasanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) promosi yang dilakukan oleh BNI Syariah KC Kendari dalam memasarkan produk Tabungan iB Hasanah adalah Pemasangan iklan yang dilakukan diberbagai media cetak (Koran, brosur dan spanduk) maupun media online (facebook, dan instagram), Promosi Penjualan dengan memberikan cindramata dan berbagai hadiah seperti AlQur’an, mug, hingga tabungan. Penjualan Pribadi dan publisitas dengan melakukan berbagai kegiatan atau sponsorship dengan berbagai lembaga mulai sekolah hingga rumah sakit. 2) promosi yang dilakukan oleh BNI Syariah KC Kendari ternyata memberikan pengaruh Peningkatan jumlah nasabah.Dilihat dalam sajian data yang di paparkan, jumlah nasabah tahun 2016 sebanyak 700, 2017 meningkat sebanyak 1040 nasabah, pada tahun 2018 menjadi 1800 dan pada 2019, pada bulan juli telah mencapai angka 2000 nasabah, dengan metode promosi penjualan pribadi menjadi yang paling banyak mendatangkan nasabah. Faktor lain yang juga mempengaruhi meningkatnya jumlah nasabah adalah peran pimpinan dalam mengatur bawahannya dan faktor pelayanan yang diberikan kepada nasabah. Kata Kunci: Strategi Promosi, Tabungan iB Hasanah. ABSTRACT Nama : Salwati Nim : 150102062 Judul Skripsi : Promotion Of iB Hasanah Savings Bank BNI Syariah Branch Kendari Sharia Bank is a bank that carries out all of its business activities in providing services and payment traffic based on sharia principles.On April 29, 2000, Based on Law No. 10 of 1998, one of the Sharia Business Units, BNI Syariah, was established.One of the funding products that attracts a lot of public interest is Tabungan iB Hasanah which encourages interest in analyzing the promotion methods used in introducing iB Hasanah products. This study aims to determine: 1) How to promote iB Hasanah savings BNI Syariah Branch Kendari; 2) Does the promotion increase the number of BNI Syariah BNI iB savings customers in Kendari Branch. This research uses a qualitative research method with a descriptive approach. Data sources used are primary data and secondary data. Data collection methods consist of interviews, observations and documentation.While the data analysis techniques used in this study are data reduction, data display, conclucion drawing verification. This research was conducted based on research procedures that produced descriptive data, in the form of written or oral data from iB Hasanah product customers and from MM BNI Syariah Kendari Branch about promoting iB Hasanah savings. The results showed that: 1) promotion conducted by BNI Syariah KC Kendari in marketing the iB Hasanah Savings product is advertisement carried out in various print media (newspapers, brochures and banners) as well as online media (facebook, and instagram), Sales Promotion by giving souvenirs and various prizes such as the Qur'an, mugs, to savings. Personal selling and publicity by carrying out various activities or sponsorships with various institutions from schools to hospitals. 2) promotions conducted by BNI Syariah KC Kendari turned out to have an effect on increasing the number of customers. Seen in the presented data, the number of customers in 2016 was 700, 2017 increased by 1040 customers, in 2018 to 1800 and in 2019, in July it had reached 2000 customers, with the method of personal sales promotion being the one that brought the most customers . Another factor that also affects the increasing number of customers is the role of leadership in managing subordinates and the service factor provided to customers. Key Words: Promotion Strategy, iB Hasanah Savings.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Strategi Promosi, Tabungan iB Hasanah.
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Tabungan iB Hasanah.
Subjects: Islam (Umum)
Fiqhi
Bank
Bank Islam
Ekonomi
Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 07 Aug 2020 07:20
Last Modified: 07 Aug 2020 07:20
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2651

Actions (login required)

View Item View Item