PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BERDASARKAN MOTIVASI SISWA (Studi Eks perime n Sis wa Kelas VIII di SMP Negeri 12 Konawe Selatan)

Risma Dewi, NIM. 15010107029, R (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BERDASARKAN MOTIVASI SISWA (Studi Eks perime n Sis wa Kelas VIII di SMP Negeri 12 Konawe Selatan). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
cover daftar isi dan abstrak.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DATAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Risma Dewi, NIM. 15010107029 “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Berdasarkan Motivasi Sis wa” dibimbing oleh, Sri Anandari Safaria, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan model problem based learning dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa, mengetahui perbedaan pengaruh penerapan model problem based learning dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa khusus siswa yang memiliki motivasi tinggi, mengetahuiperbedaan pengaruh penerapan model problem based learningdan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa khusus siswa yang memiliki motivasi sedang, mengetahuiperbedaan pengaruh penerapan model problem based learning dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa khusus siswa yang memiliki motivasi rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Konawe Selatan.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling.Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random dan diperoleh siswa kelas VIII sebagai kelas ekperimen dan siswa kelas VIII E A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar, angket motivasi, dan lembar obsevasi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan model PBL berpengaruh lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA, (2) tidak terdapat perbedaan pengaruh penerapan model PBL dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA khusus siswa yang memiliki motivasi tinggi, (3) penerapan model PBL berpengaruh lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA khusus siswa yang memiliki motivasi sedang, (4) tidak terdapat perbedaan pengaruh penerapan model PBL dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA khusus siswa yang memiliki motivasi rendah. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Motivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Motivasi.
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Motivasi.
Subjects: Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Aug 2020 01:59
Last Modified: 10 Aug 2020 01:59
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2671

Actions (login required)

View Item View Item