MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS V SDN 1 BAJO SAMPELA DESA SAMABAHARI KECAMATAN KALEDUPA KABABUPATEN WAKATOBI

KARDIN, NIM:12010101073 (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS V SDN 1 BAJO SAMPELA DESA SAMABAHARI KECAMATAN KALEDUPA KABABUPATEN WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER (2).pdf

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

vi ABSTRAK KARDIN, NIM. 12010101073, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Islam melalui Metode Simulasi pada Siswa Kelas V SDN 1 Bajo Sampela Desa Samabahari Kec. Kaledupa Kab. Wakatobi. (Dibimbing Oleh: Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag, dan Ir.Hj.Ety Nur Inah, M,Si) Dalam setiap proses pendidikan maka hal mendasar yang senantiasa diharapkan adalah meningkatnya hasil belajar siswa sebagai indikator reaksi dan motivasi siswa terhadap bahan ajar yang diberikan dalam proses pembelajaran, hal ini tidak terlepas dari pelaksanaan pembelajaran PAI di SDN 1 Bajo Sampela dimana dalam proses pembelajaran masih menganut model pembelajaran konvensional, yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa hanya fakum serta tidak terjadi interaksi atas keduanya sehingga terlihat saat pelajaran banyak siswa hanya mendengar penjelasan dari guru hal ini, akan mempengaruhi motivasi belajar siswa, sehingga perlu adanya penerapan strategi pembelajaran yang dapat mendongkrak motivasi belajar siswa, dimana salah satunya adalah metode simulasi yang dipandang dalam membangkitkan motivasi dan hasil belajar siswa di SDN 1 Bajo Sampela Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research), dengan sasaran penelitian siswa kelas V SDN 1 Bajo Sampela sebanyak 27 siswa. Rancangan dalam penelitian meliputi 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai, untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa sebelum diberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal, sebagai bahan landasan dalam pembentukan nilai peningkatan hasil belajar siswa. Prosedur penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Sumber data adalah siswa dan guru. Jenis data yang didapatkan adalah data kuantitatif dan data kualitatif melalui jurnal lembar observasi dan tes hasil belajar. Cara pengambilan data model pembelajaran langsung diambil dengan menggunakan alat evaluasi beruupa tes hasi belajar dan data tentang refleksi diri diambil dengan menggunakan observasi kegiatan guru dan siswa. Hasil penelitian bahwa dengan menggunakan metode simulasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V pada materi Haji dan Umroh pada siklus I dan Kurban pada siklus II dapat ditingkatkan, hal ini dapat dilihat dari hasil tes prasiklus dengan ketuntasan 48.55% sedangkan siklus I memperoleh nilai ratarata 59.4 dengan tingkat ketuntasan hanya 51.85 % pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan yaitu nilai rata-rata 71.11 dengan ketuntasan 85.19% mencapai angka KKM, dimana KKM untuk mata pelajaran adalah ≥65 sementara indikator kinerja dalam penilitian ini adalah ≥75 %. Selanjutnya motivasi siswa dalam pembelajaran simulasi terdapat peningkatan yang cukup signifikan dimana pada siklus I dengan 6 item indikator penilaian yang diajukan nilai ketuntasannya barada para taraf minimun dibawah 75% pada siklus I seperti 45%, 42,6%, 44,3%, 43%, 44,3% dan 41%, dengan persentase total 43.37% sedangkan pada siklus II meningkat di atas 75% yakni 75%, 76.3%, 76.3%, 76%, 77,7%dan 77% dengan persentase total 76.4%. Penelitian ini di sebabkan adanya kesesuaian antara materi ajar pendekatan pembelajaran, strategi, serta perlengkapan pembelajaran sehinngga yang pada akhirnya disimpulkan bahwa penggunaan metode simulasi dalam pembeajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag, dan Ir.Hj.Ety Nur Inah, M,Si
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam, Metode Simulasi
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 28 Sep 2017 00:25
Last Modified: 28 Sep 2017 00:25
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item View Item