Implementasi Konsep Jarak dan Kecepatan Dalam Perbandingan pada Permainan Tradisional Kelereng (Kajian Etnomatematika Siswa Sekolah Dasar)

Yuslianti, Nim.16010110033, Y (2020) Implementasi Konsep Jarak dan Kecepatan Dalam Perbandingan pada Permainan Tradisional Kelereng (Kajian Etnomatematika Siswa Sekolah Dasar). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB III.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img]
Preview
Text
14. BAB V.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak Yuslianti, Nim.16010110033 “Implementasi Konsep Jarak dan Kecepatan Dalam Perbandingan Pada Permainan Tradisional Kelereng (Kajian Etnomatematika Pada Siswa Sekolah Dasar)” (Dimbimbing Oleh: Muh. Syarwa Sangila, S.Pd, M.Pd) Pengaruh modernisasi yang ada sekarang ini tidak bisa dipungkiri memiliki ikatan erat dengan kehidupan masa kini, dengan hal demikian modernisasi memiliki dampak pada lunturnya nilai budaya bangsa kita. Namun demikian, globalisasi pada akhirnya tidak bisa ditolak maupun dibatalkan, melainkan dihadapi. Dampak-dampak yang dibawahnya perlu dianalisis salah satu contohnya dampak yang dibawah dalam dunia pendidikan agar tercipta kebijakan antisipatif yang strategis dengan menciptakan pendidikan berbasis nilai-nilai budaya lokal. Dengan kata lain bahwa pendidikan sekarang ini sebaiknya memasukkan unsur budaya dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana implementasi siswa untuk memahami konsep jarak dan kecepatan dalam perbandingan pada permainan tradisional kelereng yang berupa kajian etnomatematika pada sekolah dasar. Dimana materi yang dimaksudkan tersebut telah dipelajari sebelumnya kedalam permainan tradisional yang telah dikenal dengan baik oleh para siswa karena merupakan permainan yang selalu dimainkan pada musimnya. Dari data yang diperoleh berupa data kualitatif dengan pendekatan etnomatematika dengan pengambilan informan secara purposive sampling sedangkan sumber data diperoleh melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi dari informan yang paham aturan bermain kelereng. Alat bantu yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, tes kemampuan matematis siswa, pedoman wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, keajengan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa secara keseluruhan siswa belum sadar bahwa dalam permainan kelereng siswa telah mengimplementasikan konsep jarak dan kecepatan dalam perbandingan pada permanan tradisional kelereng dengan berbagai cara aturan bermain yang digunakan. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi konsep jarak dan kecepatan dalam perbandingan pada permainan tradisional kelereng, ditinjau dari hasil tes dan wawancara yang telah dilakukan bahwa persentase siswa yang memperoleh nilai tinggi, sedang dan redah dalam menyelsaikan tes kemampuan matematis siswa yaitu sebesar 33%; 25% dan 42%. Dan persentase siswa yang implementasi konsep jarak dan kecepatan dalam perbandingan pada permainan tradisional kereleng oleh dua belas informan dominan memahami konsep bermain kelereng, dengan persentase sebesar 75% mengimplementasikan konsep secara tidak sadar. siswa membutuhkan pendekatan pembelajaran budaya dalam belajar matematika. Karena selama ini pembelajaran matematika kita dibangku sekolah dasar masih sangat abstrak, sehingga jika dikaitkan dengan keseharian siswa sangat perlu. Apalagi pada materi-materi yang bersifat analisis sangat dibutuhkan. Kata Kunci : Modernisasi, jarak, kecepatan, perbandingan, permainan tradisional, kelereng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Modernisasi, jarak, kecepatan, perbandingan, permainan tradisional, kelereng.
Uncontrolled Keywords: Modernisasi, jarak, kecepatan, perbandingan, permainan tradisional, kelereng.
Subjects: Ilmu Terapan
Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:37
Last Modified: 10 Aug 2020 06:37
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item