STRATEGI MEMBANGUN SEKOLAH ADIWIYATA DI SMP NEGERI 7 KENDARI

Mirdan Ali Sabdillah Mansir, NIM. 14010103048, M (2020) STRATEGI MEMBANGUN SEKOLAH ADIWIYATA DI SMP NEGERI 7 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mirdan Ali Sabdillah Mansir, NIM. 14010103048. “Strategi Membangun Sekolah Adiwiyata Di SMP Negeri 7 Kendari”. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan melalui bimbingan ibu Dr. Sitti Nurfaidah, S.Pd, M.Ed.   Adiwiyata merupakan pendidikan berkelanjutan bagi instansi, sekolah maupun masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar. Program adiwiyata akan lebih baik jika dijalankan denggan partisipatif semua elemen, khususnya di sekolah yakni, kepala sekolah, siswa hingga perangkat sekolah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Strategi Membangun Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 7 Kendari dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sekolah sudah memiliki strategi sendiri dalam mencapai sekolah adiwiyata diantaranya adanya rencana jangka panjang, menengah dan pendek, pelaksanaan yang dilakukan sekolah melalui kegiatan partisipatif. (2) implementasi kegiatan lingkungan berbasis partisipatif di sekolah sudah dilaksanakan dengan baik dengan mengacu rencana strategi sebelumnya, program kegiatan lingkungan berbasis partisipatif yang dilakukan sekolah meliputi, Jum’at Beriman, Sabtu Bersih, Pengembangan Diri, Kegiatan Ekstra Kurikuler dan Karya Inovatif Siswa (3) Program kegiatan lingkungan berbasis partisipatif bagi warga sekolah sudah terlaksana dengan melaksanakan program yang dibuat oleh sekolah yakni program Sabtu Bersih tersebut. (4) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif bersama warga sekolah dengan mengundang wali murid dalam kegiatan pembelajaran baik untuk kegiatan inovatif maupun kewirausahaan, relasi perusahaan juga berpartisipatif. Kesimpulan bahwa sekolah SMP Negeri 7 Kendari sudah melakukan berbagai kegiatan termasuk strategi, implementasi sampai program tersendiri untuk menunjang, mendapatkan dan mempertahankan sekolah adiwiyata. Kata Kunci: Strategi, Adiwiyata dan Partisipatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Strategi, Adiwiyata dan Partisipatif
Uncontrolled Keywords: Strategi, Adiwiyata dan Partisipatif
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:02
Last Modified: 10 Aug 2020 07:02
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2696

Actions (login required)

View Item View Item