ISNA MUSNAWATI, NIM. KL.14010101025 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DI KELAS V SD NEGERI 7 LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (530kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Isna Musnawati, Nim. 14010101025. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Penerapan Metode Index Card Match di Kelas V SD Negeri 7 Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Melalui bimbingan Dr. Samrin, M.Pd.I Upaya menarik perhatian dan minat siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu tugas guru sebagai pengelola pembelajaran untuk mengoptimalkan penguasaan siswa terhadap kompetensi mata pelajaran yang diajarkan. Hal itu antara lain dapat dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran yang menarik yang dapat melibatkan siswa secara fisik maupun mental. Diantara metode pembelajaran alternatif yang dapat diterapkan adalah metode index card match. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode Index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas V SD Negeri 7 Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch). Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan lembaran observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan peningkatan hasil belajar siswa dianalis dengan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI di kelas V SD Negeri 7 Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Hal itu berdasarkan atas hasil evaluasi pra tindakan yang menunjukkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas sebesar 69.88 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 70,83%. Setelah tindakan siklus I dilakukan, maka hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 72,42 dengan persentase ketuntasan sebesar 70,83%. Selanjutnya, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,88 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Dengan pencapaian tersebut, indikator kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa penerapan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas V SD Negeri 7 Laeya dapat dibuktikan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Samrin, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, MATA PELAJARAN PAI, METODE INDEX CARD MATCH |
Subjects: | Filsafat dan Perkembanganya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 28 Sep 2017 01:01 |
Last Modified: | 28 Sep 2017 01:01 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/272 |
Actions (login required)
View Item |