PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA PESERTA DIDIK DI SDN 1 WOLASI

Aulia Nurmadina Masinau. NIM. 16010104019, A (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA PESERTA DIDIK DI SDN 1 WOLASI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aulia Nurmadina Masinau. NIM. 16010104019. Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Peserta Didik di SDN 1 Wolasi. Dibimbing oleh : Dr. H. Herman M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peseta didik melalui penerapan model pembelajaran Take and Give. Adapun masalah dalam penelitian ini dibatasi pada bagaimana penerapan model pembelajaran Take and Give di kelas IV SDN 1 Wolasi dan apakah hasil belajar PAI dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Take and Give Kelas IV di SDN 1 Wolasi ? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dengan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi serta melakukan refleksi, dimana teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif untuk memberikan gambaran mengenai peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give dengan lembar observasi aktifitas guru dan peserta didik serta tes hasil belajar. Hasil penelitisn menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menerapkan model pembelajaran Take and Give berjalan baik sesuai dengan perencanaan yang telah disiapkan yang mengacu pada langkah- langkah dari model pembelajaran Take and Give. Penerapan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik sehingga aktivitas guru meningkat menjadi 95,00% dan aktivitas peserta didik menjadi 93,75%. 2) Penerapan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik kelas IV di SDN 1 Wolasi. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai prasiklus sampai ke siklus II yakni nilai rata-rata prasiklus mencapai 67,05 dengan ketuntasan belajar mencapai 50,00% dan setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar mencapai 66,66% dengan nilai rata-rata 72,05. Ketuntasan belajar setelah siklus II mencapai 83,33% dengan nilai rata-rata 80,83. Kata kunci: Take and Give, Hasil Belajar PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Take and Give, Hasil Belajar PAI.
Uncontrolled Keywords: Take and Give, Hasil Belajar PAI.
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:47
Last Modified: 02 Nov 2020 07:47
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2783

Actions (login required)

View Item View Item