PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS HYPERMEDIA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII MTs RAUDHATUL JANNAH

LA ODE SARDIN NIM. 16010110022, L (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS HYPERMEDIA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII MTs RAUDHATUL JANNAH. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
Halaman Sampul.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIODATA DIRI.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan media pembelajaran hypermedia ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan teknologi komputer untuk menunjang proses pembelajaran matematika siswa kelas VII MTs Raudhatul Jannah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika yang layak, efektif, dan praktis digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah development research (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Tahap penelitian terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Raudhatul Jannah yang berjumlah 15 siswa. Sampel ditentukan secara purposive. Purposive adalah penentuan sampel dengan pertimbangan tetentu. Instrumen yang digunakan berupa tes kognitif, dan non tes (angket dan wawancara). Instrumen tes kognitif diberikan kepada 15 siswa berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 butir soal, sedangkan angket penilaian diberikan kepada enam orang ahli, satu guru matematika dan 15 siswa, dan wawancara dilakukan dengan satu orang guru matematika dan 15 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran hypermedia yang dihasilkan dinyatakan layak (86%) berdasarkan penilaian enam orang ahli, efektif (73%) berdasarkan data ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal, dan praktis (82%) berdasarkan penilaian respon guru dan siswa. Kata kunci: media pembelajaran hypermedia; hasil belajar matematika; ADDIE. LA ODE SARDIN. NIM. 16010110022. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Hypermedia pada Materi Perbandingan di Kelas VII MTs Raudhatul Jannah. Dibimbing oleh: Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: media pembelajaran hypermedia; hasil belajar matematika; ADDIE.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran hypermedia; hasil belajar matematika; ADDIE.
Subjects: Ilmu Terapan
Matematika
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:46
Last Modified: 03 Nov 2020 01:46
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2790

Actions (login required)

View Item View Item