METODE PENGASUHAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA 6 – 12 TAHUN DI KELURAHAN RANOMEETO KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN

Rizqah Khaeratunhisan. NIM. 16030102003, R (2020) METODE PENGASUHAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA 6 – 12 TAHUN DI KELURAHAN RANOMEETO KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (949kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rizqah Khaeratunhisan. NIM. 16030102003. “Metode Pengasuhan Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Seks pada Anak Usia 6 – 12 Tahun di Kelurahan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan. Dibimbing oleh: Sitti Fauziah M, S.Pd.I., M.Pd., Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orang tua mengenai pendidikan seks anak usia 6-12 tahun atau masa kanak-kanak akhir di Kelurahan Ranomeeto, menguraikan bagaimana metode pengasuhan orang tua dalam memberikan pendidikan seks pada anak dalam hal ini berupa metode dan pelaksanaan bentuk-bentuk pendidikan, dan menganalisis hambatan orang tua dalam melakukan pendidikan seks kepada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam (In-depth Interview), pengamatan (observasi) dan dokumentasi, kemudian data diolah dan dianalisis dengan munggunakan langkah reduksi data, display data dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat narasumber yang memiliki persepsi positif terkait pendidikan seks yang diterapkan pada anak usia 6-12 tahun, keempat narasumber tersebut paham akan pentingnya penerapan pendidikan seks pada anak namun belum memiliki pemahaman yang baik tentang cara memberikan pendidikan seks, sehingga mempengaruhi pelaksanaan pendidikan seks dirumah. Terdapat tiga metode yang dominan digunakan oleh orang tua yaitu metode pembiasaan yang diterapkan pada materi pendidikan seks pembiasaan menutup aurat, adab meminta izin masuk kamar orang tua, serta pemisahan kamar anak, kemudian metode pengawasan media yang dikonsumsi anak, serta metode pemberian hadiah dan hukuman. Hambatan yang dialami oleh orang tua dalam melaksanakan pendidikan seks pada anak yaitu kurangnya pengetahuan tentang pendidikan seks untuk anak usia 6-12 tahun, kesulitan untuk menjawab pertanyaan anak, kesulitan untuk memilih kata-kata yang sesuai, merasa malu saat harus menanggapi anak, situasi lingkungan yang tidak mendukung, dan tingkat pendidikan yang rendah. Kata kunci: pendidikan seks anak usia 6-12 tahun, persepsi, metode pengasuhan, materi pelaksanaan pendidikan seks, hambatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pendidikan seks anak usia 6-12 tahun, persepsi, metode pengasuhan, materi pelaksanaan pendidikan seks, hambatan
Uncontrolled Keywords: pendidikan seks anak usia 6-12 tahun, persepsi, metode pengasuhan, materi pelaksanaan pendidikan seks, hambatan
Subjects: Agama
Bimbingan Dan Penyuluhan
Pendidikan
Aqidah
Fiqhi
Ahlak
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:55
Last Modified: 03 Nov 2020 01:55
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2791

Actions (login required)

View Item View Item