PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWAKELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 KENDARI

Syamsiani, Nim.16010101126, S (2020) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWAKELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Syamsiani, Nim.16010101126, “Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMKN 2 Kendari” (Dibimbing oleh:Reahang S.Ag, M.Pd.I,) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas X Tehnik Pengelasan B di SMKN 2 Kendari, melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode mind mapping ( peta pikiran) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Kendari Tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( Action Classroom Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tehnik Pengelasan B tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar mencapai 80% dan siswa mencapai nilai KKM yakni 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, berdasarkan hasil tes yang diberikan. Nilai rata-rata pra siklus 72,2 dengan persentase klasikal 58,33% dan setelah dilaksanakan tindakan siklus I nilai rata-rata meningkat yakni 76,25 dengan persentase 71%. Pada siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan yakni 82 dengan persentase klasikal 88 %. Adapun peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 5,60%, peningkatan dari siklus 1 ke siklus II sebesar 6,99%, dan peningkatan pra siklus ke siklus II sebesar 12,99%. Kata Kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mind Mapping, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:22
Last Modified: 05 Nov 2020 03:22
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2810

Actions (login required)

View Item View Item