MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER SISWA KELAS IV SDN 77 KENDARI

JUMIATI, NIM.15010104006, J (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER SISWA KELAS IV SDN 77 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK JUMIATI, NIM.15010104006, Judul: Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together Siswa Kelas IV SDN 77 Kendari Kecamatan Nambo Kota Kendari, (Dibimbing Oleh:Dra.Hj. Marlina, M.Pd. I). Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran PAI di kelas IV SDN 77 Kendari, dan untuk mengetahui model pembelajaran Tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 77 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 13 siswa. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Tipe Numbered Head Together terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada hasil belajar siswa begitupun juga aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai disetiap siklus. Dimana pada hasil tes awal sebelum pelaksanaan tindakan melalui model pembelajaran Tipe Numbered Head Together ketuntasan siswa hanya mencapai 46,15% dengan nilai rata-rata 66,15. Kemudian dilakukannya tindakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar mencapai 61,15% dengan nilai rata-rata 69,23. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasann mencapai 84,61% dengan nilai rata-rata 81,53. Selanjutnya aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I pertemuan pertama hasil aktivitas guru mencapai 76,20% dan aktivitas siswa mencapai 80%. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I aktivitas guru mencapai 80,95% dan aktivitas siswa mencapai 85%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama aktivitas guru mencapai 90,47% dan aktivitas siswa mencapai 90%. Kemudian pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 100% dan aktivitas siswa mencapai 95%. Kata Kunci: Model Tipe Numbered Head Together, Belajar, Pendidikan Agama Islam, SDN 77 Kendari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Model Tipe Numbered Head Together, Belajar, Pendidikan Agama Islam, SDN 77 Kendari
Uncontrolled Keywords: Model Tipe Numbered Head Together, Belajar, Pendidikan Agama Islam, SDN 77 Kendari
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 23 Nov 2020 01:47
Last Modified: 23 Nov 2020 01:47
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2848

Actions (login required)

View Item View Item