PENGARUH STRATEGI COPING STRESS TERHADAP STRES AKADEMIK MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI DIJURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN KENDARI

Nursoleha Tri Oktafiani, NIM. 16010108051,, N (2020) PENGARUH STRATEGI COPING STRESS TERHADAP STRES AKADEMIK MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI DIJURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 1.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (960kB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nursoleha Tri Oktafiani, NIM. 16010108051, Pengaruh Strategi Coping Stress terhadap Stres Akademik Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi di Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari , Dibimbing Oleh: Bapak Aliwar S.Ag, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: “Apakah ada pengaruh Strategi Coping Stress terhadap Stres Akademik yang dialami Mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA yang sedang mengerjakan skipsi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di IAIN Kendari yang berjumlah 71 orang, sampel yang digunakan pada penenlitian ini yaitu sebanyak 71 sampel. Teknik pengumpulan data pada penenlitian ini menggunakan instrument tes, kuisioner. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu tehnik analisis deskriptif, teknik analisis inferensial: uji prasyarat (uji normalitas, uji linearitas) dan uji hipotesis (uji regresi linear sederhana, uji signifikansi keberartian koefisien regresi, uji korelasi person product moment, uji t, uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi coping stres mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA, memiliki rata-rata sebesar 52,1% dengan kategori sedang, (2) Stres akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA memiliki rata-rata sebesar 57,7%, dengan kategori sedang, (3) strategi coping stress berpengaruh positif dan signifikan terhaap stres akademik mahasiswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dengan nilai F 25,04 > F 3,98 dengan kontribusi sebesar 26,6%. Kata Kunci : Coping Stress, steres akademik, skripsi. tabel hitung ABSTRACT Nursoleha Tri Oktafiani, NIM. 16010108051, The Effect of Coping Stress Strategy on Students’ Academic Stress in the Department of Mathematics and Natural Sciences, Tarbiyah Faculty and Teacher Training, IAIN Kendari Supervised by: Mr. Aliwar S.Ag, M.Pd. This study aims to determine: “Is there any influence of the Coping Stress Strategy on the Academic Stress experienced by students who work on their thesis in the Mathematics and Natural Sciences Education Department, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training”. This research is a quantitative study using survey methods. The population in this study were all students of the Mathematics and Natural Sciences Education Department who were doing their thesis at the Tarbiyah and Teacher Training Faculty at IAIN Kendari, totaling 71 people. The sample used in this research was 71 samples.Data collection techniques in this study used test instruments, and questionnaires. Data analysis techniques used are descriptive analysis techniques, inferential analysis techniques: prerequisite test (normality test, linearity test) and hypothesis test (simple linear regression test, significance test for significance of regression coefficients, person product moment correlation test, t test, coefficient of determination test ).The results of the study showed that: (1) the stress coping strategy of MIPA Education Department students has an average of 52.1% in the moderate category, (2) The academic stress of Mathematics Education Department students has an average of 57.7%, with the moderate category,(3) Coping stress strategies affect student academic stress, with a significance value of 0.00 <0.05 with a value of F 3.98 with a contribution of 26.6%. Keywords: Coping stress, Academic stress, essay. count 25.04> F table

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Coping Stress, steres akademik, skripsi
Uncontrolled Keywords: Coping Stress, steres akademik, skripsi
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 02 Dec 2020 06:10
Last Modified: 02 Dec 2020 06:11
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2892

Actions (login required)

View Item View Item