PENANAMAN NILAI KEDISIPLINAN MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH SISWA SMA NEGERI 1 BUNGKU SELATAN

Mahmud, NIM 16010101135, M (2020) PENANAMAN NILAI KEDISIPLINAN MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH SISWA SMA NEGERI 1 BUNGKU SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
cCOVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mahmud, NIM 16010101135, ”Penanaman Nilai Kedisiplinan Melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Siswa SMA Negeri 1 Bungku Selatan”, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui bimbingan Dr.Supriyanto, M.Ag Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menanamkan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah pada siswa di SMA Negeri 1 Bungku Selatan dan mengetahui nilai-nilai kedisiplinan yang ditanamkan melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. lokasi penelitian ini berada di SMA Negeri 1 Bungku Selatan, Kec.Bungku Selatan Kab.Morowali Provinsi Sulawesi Tengah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Cara atau strategi untuk menanamkan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah pada siswa di SMA Negeri 1 Bungku Selatan adalah; a) Melalui pendampingan, penggerakan dan perintah; guru-guru berkeliling di setiap ruangan untuk membertahu dan memerintahkan kepada siswa agar segera ke mushollah dan melakukan shalat dzuhur berjamaah. b) Pemberian Pemahaman; dilakukan oleh wakil kepala sekolah bagian kesiswaan dan guru-guru baik ketika apel pagi dan ketika dalam ruangan. c) Uswatun hasanah (pemberian contoh yang baik); kepala sekolah, guru-guru dan staf tata usaha (TU) di SMA Negeri 1 Bungku Selatan juga ikut melakukan shalat dzuhur berjamaah. d) Melalui pengawasan; Guru-guru melakukan pengawasan terhadap siswa sampai siswa itu melakukan shalat dzuhur berjamaah. e) Memberikan sangsi atau hukuman; berupa pengurangan nilai mata pelajaran pendais, di jemur dan adakalanya dicubit. 2) Nilai kedisiplinan yang ditanamkan melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah adalah a) disiplin waktu; siswa yang melakukan shalat berjamaah dapat menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya waktu b) latihan kebersaman; Siswa yang melakukan shalat secara berjamaah dapat membangun rasa kebersamaan dan menjadi penguat antar siswa untuk saling membantu ketika mnghadapi kesulitan. Kata kunci; Penanaman, Nilai Kedisiplinan, Pembiasaan, Shalat Dzuhur Berjamaah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penanaman, Nilai Kedisiplinan, Pembiasaan, Shalat Dzuhur Berjamaah
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai Kedisiplinan, Pembiasaan, Shalat Dzuhur Berjamaah
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Islam (Umum)
Aqidah
Fiqhi
Ilmu Sosial
Ahlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 14 Dec 2020 01:55
Last Modified: 14 Dec 2020 01:55
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2905

Actions (login required)

View Item View Item