EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI I KONAWE SELATAN

Aritsun, NIM: 15010107017., A (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI I KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
aCOVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aritsun, NIM: 15010107017. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Mts Negeri I Konawe Selatan”. Skripsi Kendari: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari 2019 (Dibimbing oleh: Bapak Jumarddin La Fua, S. Si., M. Si.) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw berbantuan media visual pada mata pelajaran dampak pencemaran lingkungan (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran dampak pencemaran lingkungan (3) perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran jigsaw berbantuan media visual dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran dampak pencemaran lingkungan (4) Apakah penggunaan model pembelajaran jigsaw berbantuan media visual efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok tersebut melalui analisis statistik deskriptif yaitu, rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran jigsaw berbantuan media visual sebesar = 81,6 sedangkan rata-rata hasil siswa diajar menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar = 56,14. Hasil analisis inferensial data menunjukkan bahwa nilai yang di peroleh t hitung 30,3 > t 1,68. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw berbantuan media visual lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di Mts Negeri 1 Konawe Selatan. Kata Kunci : Efektivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Jigsaw, Media Visual tabel ABSTRACT Aritsun, NIM: 15010107017. “The Effectiveness of the Use of Visual Media Assisted Jigsaw Learning Models on Student Learning Outcomes at the Tsanawiah Negeri 1 Madrasah in South Konawe”. Supervised by; Mr. Dr. Jumarddin La Fua, S. Sc., M. Sc. This study aims to determine: (1) Student learning outcomes after using the jigsaw learning model assisted by visual media on the impact of environmental pollution (2) Student learning outcomes using conventional learning models on the impact of environmental pollution (3) differences in learning outcomes using Jigsaw learning model assisted by visual media with conventional learning models on the impact of environmental pollution (4) Does the use of visual media assisted jigsaw learning models effectively improve student learning outcomes. This type of research used in this study is a quasi-experimental. The results of the research obtained in the two groups through descriptive statistical analysis, namely, the average learning outcomes of students who were taught using the visual media-assisted jigsaw learning model of = 81.6 while the average student results taught using conventional learning models were = 56.14 . The results of inferential data analysis show that the value obtained t count 30.3> t table 1.68. So it can be concluded that the use of the jigsaw learning model assisted by visual media is more effective in improving the learning outcomes of class VII students at Mts Negeri 1 Konawe Selatan. Keyword: Effectiveness, Learning Outcomes, Jigsaw Learning Models, Visual Media

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Efektivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Jigsaw, Media Visual
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Jigsaw, Media Visual
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 07 Jan 2021 06:22
Last Modified: 07 Jan 2021 06:22
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2947

Actions (login required)

View Item View Item