PEMASARAN IKAN NELAYAN DI DESA MOWUNDO KECAMATAN MOLAWE KABUPATEN KONAWE UTARA DALAM PRESPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Ike ,Nim, 16050101009, I (2021) PEMASARAN IKAN NELAYAN DI DESA MOWUNDO KECAMATAN MOLAWE KABUPATEN KONAWE UTARA DALAM PRESPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTARK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (609kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ike ,Nim, 16050101009,“Pemasaran Ikan Oleh Nelayan dalam Perspektif Ekonomi Syariah di Desa Mowundo, Kecematan Molawe Kabupaten Konawe Utara” (Dibimbing Oleh: Akmal, ME dan Dra.Beti Mulu, M.Pd.i ). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran Pemasaran ikan oleh nelayan di desa mowundo,dalam perspektif ekonomi syariah yang dipaparkan secara mendalam,dengan rumusan masalah yang pertama:bagaimana meningkatkan pemasaran ikan nelayan di desa Mowundo,kecamatan molawe,kabupaten konawe utara. kedua, Apa faktor-faktor Penghambat dan pendukung dalam pemasaran ikan nelayan di desa Mowundo, kecamatan molawe,kabupataen konawe utara. Ketiga Bagaimana para nelayan meningkatkan pemasaran ikan ditinjau dalam perspektif ekonomi syariah di desa Mowundo,kecamatan molawe,kabupate konawe utara. Tujuan penelitian yang pertama,untuk mengetahui bagaimana meningkakan pemasaran ikan nelayan di desa Mowundo, kedua untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pemasaran ikan nelayan di desa mowundo, Ketiga untuk mengetahui bagaimana para nelayan meningkatkan pemasaran ikan ditinjau dalam perspektif ekonomi syariah di desa mowundo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana penelitian ini mengahasilkan data dekskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan Obeservasi (Pengamatan), Wawancara dan Dokumentasi. Hasil Penilitian yang dilakukan maka diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1. Meningkatkan Pemasaran Ikan, Dalam Pemasaran dari system keseluruhan mengidentifikasi kebutuhan konsumen, pengembangan produk, menetapkan harga yang tepat,mendistribusikan dan mempromosikan secara efektif, maka akan mudah menjual barangnya..2. Konsep pemasaran yang mendasari cara nelayan melakukan kegiatan pemasaran yaitu: a. Konsep berwawasan produksi. b.Konsep berwawasan produk, c.Konsep berwawasan penjualan, d. Konsep berwawasan pemasaran, e. Konsep berwawasan pemasaran bermasyarakat.3. Dalam melakukan proses pemasaran tidak boleh saling menzalimi dan terzolimi yang bertentangan dengan ajaran Islam. Beberapa saran yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan guna untuk peningkatan kualitas Pemasaran ikan oleh nelayan dalam perspektif ekonomi syariah yaitu:1.Bagi para nelayan desa mowundo diperlukan kebijakan pemerintah seperti kebijakan social yang diterbitkan harus benar-benar menyentuh masyarakatmiskin termasuk dalam kehidupan masyarakat nelaya Desa Mowundo.2.Meningkatkan Kualitas produk dengan membuat olahan dari ikan hasil tangkapan. Kata kunci: Pemasaran ikan oleh nelayan di desa Mowundo, Kecamatan molawe. ABSTRACT Ike, Nim, 16050101009, "Fish Marketing by Nelayand in a Sharia Economic Perspective in Mowundo Village, Molawe Subdistrict, North Konawe Regency" (Supervised by: Akmal, ME and Dra.Beti Mulu, M.Pd.i) Syariah). This study aims to provide an overview of fish marketing by fishermen in Mowundo village, in an in-depth Islamic economic perspective, with the first problem formulation: how to increase fishermen's fish marketing in Mowundo village, Molawe district, North Konawe district. second, what are the inhibiting and supporting factors in marketing fishermen's fish in Mowundo village, Molawe sub-district, North Konawe district. Third. How fishermen increase fish marketing is viewed from the perspective of sharia economics in Mowundo village, Molawe sub-district, North Konawe district. The first research objective, to find out how to improve fishermen fish marketing in Mowundo village, second to find out the inhibiting and supporting factors in marketing fishermen fish in Mowundo village, Third to find out how fishermen improve fish marketing from a sharia economic perspective in Mowundo village. This research is a qualitative research, where this research produces descriptive data in the form of written words from people and observable behaviors. Data collection techniques in this study are to do Observation (Observation), Interview and Documentation. The results of the research conducted, the following conclusions were obtained: 1. Increasing Fish Marketing, in the marketing of the overall system to identify consumer needs, develop products, set the right price, distribute and promote effectively, it will be easy to sell the goods .. 2. The marketing concept that underlies the way fishermen conduct marketing activities, namely: a. Production-oriented concept. b. concept with product insight, c. concept with perspective on sales, d. Marketing concept, e. The concept of social marketing. 3. In carrying out the marketing process, it is not permissible to abuse each other and be tyrannized which is contrary to Islamic teachings. Some suggestions that can be used as material for consideration in order to improve the quality of fish marketing by fishermen in a sharia economic perspective, namely: 1. For fishermen in Mowundo village, government policies such as social policies that are issued must really touch the poor, including the life of the nelaya community in Mowundo Village .2.Increasing the quality of the product by making processed fish from the catch. Keywords: Fish marketing by fishermen in Mowundo Village, Molawe District.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran ikan oleh nelayan di desa Mowundo, Kecamatan molawe.
Subjects: Agama
Islam (Umum)
Fiqhi
Ekonomi
Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 14 Jan 2021 02:22
Last Modified: 14 Jan 2021 02:22
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2957

Actions (login required)

View Item View Item