Muh. Razaq Habibi. NIM. 16010101055, M (2021) STRATEGI GURU PAI DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN DALAM PEMBELAJARAN DI SMAN 1 WAWOTOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (482kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (573kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (536kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (440kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKAN DAN LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK Muh. Razaq Habibi. NIM. 16010101055. Strategi guru PAI dalam Penerapan Metode Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan dalam pembelajaran di SMAN 1 Wawotobi. Dibimbing oleh: Dr. Samrin, M.PdI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) Untuk mengetahui model pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan efektif meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMAN 1 Wawotobi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Wawotobi, Kabupaten Konawe. Metode pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN 1 Wawotobi. Hal tersebut dapat dilihat dari proses pembelajaran siswa yang sebelum tindakan kebanyakan masih pasif saat proses kegiatan belajar mengajar dan mulai aktif setelah dilakukannya tindakan hingga ke siklus kedua yang dibuktikan hasil ulangan harian siswa pada pra siklus menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai 80 ke atas sebanyak 21 siswa dari 27 orang siswa, persentase ketuntasan belajar sebesar 75dengan nilai rata-rata 79Hasil tes belajar siswa kelas Xl SMAN 1 Wawotobi pada siklus Imenunjukan bahwa siswa yang memperoleh nilai 86 ke atas sebanyak 1orang dari 27 siswa dengan ketuntasan secara klasikal pada siklus I sebesar 74,07% dengan nilai rata-rata 8,12Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I adalah sebesar 74%. Jika dibandingkan dengan hasil pra siklus terjadi peningkatan setelah dilaksanakannya tindakan siklus I melalui penggunaan dengan menerapkan model pembelajaran AktifInovatif Kreatif Menyenangkan.setelah tindakan siklus II hasil belajar siswa meningkat sebesar 100%dengan rata-rata 8,74.Adapun siswa yang mencapai KKM sebanyak 27 siswa sedangkan yang tidak mencapai KKM sebanyak 7 siswa.Persentase ketuntasan dari siklus I ke siklus II sebesar 100% dan peningkatan persentase keseluruhan dari pra siklus ke siklus II sebesar 15%. Kata Kunci: PAIKEM, pembelajaran, dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI, GURU, METODE PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN |
Subjects: | Ilmu Terapan Manajemen Kinerja Guru Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 03:25 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 03:25 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2989 |
Actions (login required)
View Item |