PENGARUH PENILAIAN AUTENTIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 4 KENDARI

Rahmadana Mukhtar. NIM. 16010108013., R (2021) PENGARUH PENILAIAN AUTENTIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 4 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (534kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (280kB)
[img] Text
3 BAB III.pdf

Download (570kB)
[img] Text
4 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
5 BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (108kB)

Abstract

ABSTRAK Nama Mahasiswa. Rahmadana Mukhtar. NIM. 16010108013. Pengaruh Penilaian Autentik Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 4 Kendari. Dibimbing oleh: Bapak Dr. Masdin, M.Pd Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penilaian autentik terhadap motivasi belajar biologi siswa, pengaruh penilaian autentik terhadap hasil belajar biologi siswa, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa, dan pengaruh penilaian autentik terhadap motivasi belajar dan hasil belajar biologi siswa Sekolah Menengah Atas SMA Negeri 4 Kendari. Data dikumpulkan melalui pembagian kuesioner atau angket kepada siswa yang menjadi sampel yaitu kelas X dan XI MIPA SMA Negeri 4 Kendari, dan dokumentasi nilai hasil belajar biologi siswa kelas X dan XI MIPA. Selanjutnya data yang telah diambil selanjutkan akan dilakukan analisis dengan menggunakan analisis berupa analisis statistik, yang terbagi menjadi analisis statistik deskriptif yakni untuk mendeskripsikan data hasil penelitian dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari analisis prasyarat dan analisis hipotesis. Analisis hipotesis yang digunakan ada 2 yaitu uji secara parsial (uji-t) dan uji Manova (Multivariate Analysis of Anova). Setelah itu hasil analisis kemudian diinterpretasikan agar didapatkan sebuah kesimpulan yang dapat menjelaskan rumusan masalah. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukan bahwa, pada uji Hipotesis dengan uji parsial atau uji-t, memiliki hasil yaitu Penilaian Autentik berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar biologi siswa, hasil analisis indikator yaitu untuk Penilaian Autentik yaitu, salah satu indikator aspek Sikap (Afektif) lebih tinggi nilainya dibandingkan indikator aspek lainnya, dan untuk Motivasi Belajar, aspek Internal (Intrinsik) lebih tinggi, kemudian Penilaian Autentik berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar biologi siswa, Motivasi Belajar berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar biologi siswa, dan Penilaian Autentik berpengaruh secara simultan terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi siswa di SMA Negeri 4 Kendari dengan menggunakan uji Manova. Penelitian ini mengindikasikan bahwa perlu adanya persiapan yang lebih matang dalam penilaian dalam pembelajaran, terutama dalam menyusun materi dan strategi penilaian proses pembelajaran yang jelas dan terstruktur, sehingga dapat mudah dipahami dan diterima oleh siswa ketika proses pembelajaran didalam kelas. Kata Kunci: Penilaian Autentik; Motivasi Belajar; Hasil Belajar. ABSTRACT Name. Rahmadana Mukhtar. SID. 16010108013. The Effect of Authentic Assessment on the Motivation and Biology Learning Outcomes of Students in SMA Negeri 4 Kendari. Supervised by: Mr. Dr. Masdin, M.Pd This research uses quantitative methods which aim to show the learning outcomes and learning outcomes of students' biology, student learning motivation and student learning outcomes of biology, elementary school students in SMA Negeri 4 Kendari. The data were collected through the distribution of questionnaires or questionnaires to students who were the samples, namely class X and XI MIPA SMA Negeri 4 Kendari, and documentation of the biology learning outcomes of class X and XI MIPA students. Furthermore, the data that has been taken will then be analyzed using analysis in the form of statistical analysis, which is divided into descriptive statistical analysis, namely to describe the research data and inferential statistical analysis consisting of prerequisite analysis and hypothesis analysis. There are 2 hypothesis analysis used, namely partial test (t-test) and Manova test (Multivariate Anova analysis). After that the results of the analysis are then interpreted in order to obtain a conclusion that can explain the formulation of the problem. The results obtained show that, in the hypothesis test with partial test or t-test, the result is that authentic assessment has a significant effect on students' biology learning motivation, the results of indicator analysis are for authentic assessment, namely, one of the indicators of the attitude aspect (affective) is higher. Value compared to other aspect indicators, and for learning motivation, the internal (intrinsic) aspect is higher, then authentic assessment has a significant effect on student biology learning outcomes, learning motivation has a significant effect on student biology learning outcomes, and authentic assessment has a simultaneous effect on motivation and learning outcomes Biology of SMA Negeri 4 Kendari using the Manova test. This research shows that there is a need for more thorough preparation in learning, especially in compiling clear and structured materials and production strategies for the learning process, so that it can be easily applied and accepted by students during the learning process in the classroom. Keywords: Authentic Assessment; Motivation to learn; Learning outcomes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENILAIAN AUTENTIK, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR, BIOLOGI
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 09 Feb 2021 03:45
Last Modified: 09 Feb 2021 03:45
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2991

Actions (login required)

View Item View Item