Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Peserta Didik Kelas V di MIS Al-Islam Alebo Konsel

Siti Nur Naima Rahmatia. NIM. 16010104040, S (2021) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Peserta Didik Kelas V di MIS Al-Islam Alebo Konsel. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Nur Naima Rahmatia. NIM. 16010104040 “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Peserta Didik Kelas V di MIS Al-Islam Alebo Konsel”. Dibimbing oleh: Dr. H. Pairin M.A Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran peserta didik kelas V di MIS Al-Islam Alebo Konsel. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang digunakan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada peserta didik kelas V di MIS Al-Islam Alebo Konsel. Manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara teoritis maupun praktis, juga bermanfaat bagi mahasiswa dan juga bagi penulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan-tahapan: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran peserta didik kelas V di MIS Al-Islam Alebo, Pertama: pendeteksian kemampuan peserta didik. Kedua: merancang program pembelajaran. Ketiga: melaksanakan pembelajaran. Keempat: melaksanakan penilaian hasil belajar. 2) Faktor penghambat pelaksanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQuran yakni, kurangnya motivasi belajar peserta didik, intelegensi atau daya serap peserta didik yang berbeda-beda, kurangnya waktu, sarana dan prasarana yang kurang memadai. 3) Upayah guru PAI mengatasi hambatan dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQuran peserta didik dengan menerapkan pembelajaran tutor sebaya. Kata Kunci: Strategi Guru, Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI GURU, KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN
Subjects: Agama
Manajemen
Pendidikan
Al-Qur'an
Islam (Umum)
Aqidah
Ahlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Feb 2021 07:29
Last Modified: 10 Feb 2021 07:29
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3002

Actions (login required)

View Item View Item