PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 1 PONDIDAHA

Merya Alfat S, NIM 15010108009., M (2021) PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 1 PONDIDAHA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTARK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (752kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Merya Alfat S, NIM 15010108009. Pengaruh Pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMA N 1 Pondidaha. Dibimbing Oleh: Jumarddin La Fua S.Si., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1) Motivasi dan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) di Kelas X MIPA SMA N 1 Pondidaha. 2) motivasi dan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional di Kelas X MIPA SMA N 1 Pondidaha. 3) perbedaan pengaruh pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dan konvensional terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa di Kelas X MIPA SMA N 1 Pondidaha. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Sampel pada penelitian ini ditetapkan dengan teknik Pupposive Sampling dan cluster random sampling yaitu X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk adalah angket motivasi dan tes hasil belajar (post-tes). Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Motivasi Siswa yang diajar dengan pendekatan SETS dalam kategori yang dominan tinggi dan sedang dengan ratarata nilai 116.50 dan hasil belajar dalam kategori yang dominan sangat baik dan baik dengan skor rata-rata 88.64. 2) Motivasi Siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional dalam kategori sedang dengan rata-rata nilai 113.5 dan hasil belajar siswa masuk dalam kategori cukup dengan skor rata-rata 81.14. 3) Terdapat perbedaan pengaruh pendekatan SETS dan pendekatan konvensional terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem di Kelas X MIPA SMA N 1 Pondidaha. Dalam hal ini, pendekatan SETS lebih baik dari pendekatan konvensional. Berdasarkan hasil deskriftif menunjukkan rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan siswa kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) , MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 05 Mar 2021 05:55
Last Modified: 05 Mar 2021 05:55
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3010

Actions (login required)

View Item View Item