DISPOSISI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 KENDARI

Nurjamila Syam, Nim. 16010110012, N (2021) DISPOSISI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER DAFTAR ISI DAN AABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (297kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (574kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Nurjamila Syam, Nim. 16010110012 “Disposisi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMP Negeri 4 Kendari” (Dibimbing Oleh: Dr. Hj. Hadi Machmud M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara inferensial perbedaan rata-rata disposisi matematika berdasarkan gaya belajar siswa di SMP Negeri 4 Kendari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Pengambilan sampel dari populasi dilakukan dengan dua tahap yaitu menggunakan purposive sampling pada tahap pertama dan menggunakan random sampling pada tahap kedua. Data disposisi matematika dan gaya belajar siswa dikumpulkan melalui observasi dan pemberian angket secara online. Gaya belajar terbagi atas tiga jenis yaitu gaya belajar visual, gaya belajar audio dan gaya belajar kinestetik. sedangkan, disposisi matematika terdiri dari beberapa indikator yaitu (1) Rasa percaya diri dalam mengerjakan tugas matematika dan memecahkan masalah. (2) Minat, rasa ingin tahu, dan daya temu dalam mengerjakan tugas matematika. (3) Gigih, tekun dalam mengerjakan tugas matematika. (4) Fleksibel dalam menyelidiki gagasan matematik. (5) Melakukan refleksi atas cara berpikir dan tugas yang telah diselesaikan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji Kruskal walilis H dan uji beda lanjut Mann-Whitney U. Hasil pengujian menunjukkan bahwa (1) Secara deskriptif, terdapat perbedaan rata-rata disposisi matematika siswa ditinjau dari gaya belajar visual, audio, dan kinestetik. (2) Terdapat perbedaan rata-rata disposisi matematika antara siswa yang memiliki gaya belajar audio, visual dan kinestetik dengan signifikansi sebesar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar; Disposisi Matematika.
Subjects: Ilmu Terapan
Matematika
Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:00
Last Modified: 09 Mar 2021 02:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3018

Actions (login required)

View Item View Item