PENGARUH KELAS SOSIAL DAN KEPRIBADIAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI PT. BANK MUAMALAT TBK CABANG KENDARI

Nur Rahmi Fadhliah, NIM: 15050102073., N (2021) PENGARUH KELAS SOSIAL DAN KEPRIBADIAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI PT. BANK MUAMALAT TBK CABANG KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (730kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (718kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Daftar pustaka dan lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Rahmi Fadhliah, NIM: 15050102073. Pengaruh Kelas Sosial dan Kepribadian terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di PT. Bank Muamalat Tbk Cabang Kendari. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Kendari, dibimbing oleh Dr. Wahyudin Meguni, S.E, M.Si sebagai Pembimbing I dan Abdul Wahid Mongkito, S.Si, M.E.I. sebagai Pembimbing II Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelas sosial dan kepribadian terhadap keputusan menjadi nasabah di PT Bank Muamalat Tbk Cabang Kendari. Data dikumpulkan melalui observasi, studi pustaka, dan penyebaran kuesioner. Subjek penelitian adalah 100 responden yang menjadi nasabah di Bank Muamalat cabang Kendari. Data responden yang telah diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan teknik analisis statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan nilai signifikansi variabel kelas sosial dan kepribadian sebesar 0,00 atau di bawah 0,05 sehingga kelas sosial dan kepribadian memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah. Hasil uji F menunjukan Fhitung > Ftabel (99,38 > 3,09) sehingga kelas sosial dan kepribadian secara simultan berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Hasil uji t menunjukan kelas sosial dan kepribadian secara parsial berpengaruh terhadap keputusan nasabah dilihat dari nilai t-hitung kelas sosial (7,169) dan kepribadian (5,560) yang lebih besar dari nilai t-tabel (1,66071). Faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan nasabah adalah faktor kelas sosial dengan nilai beta sebesar 0,517. Kelas sosial dan kepribadian mempengaruhi keputusan nasabah sebesar 67,2%. Sedangkan sisanya sebesar 32,8% di pengaruhi oleh variabel lain yang belum diteliti. Kata Kunci: Kelas sosial, kepribadian, keputusan nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Psikologi nasabah, bank
Uncontrolled Keywords: Kelas sosial, kepribadian, keputusan nasabah.
Subjects: Bank
Bank Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:42
Last Modified: 26 Aug 2021 07:42
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3096

Actions (login required)

View Item View Item