ETIKA PEMASARAN ISLAM DALAM MENDUKUNG MINAT NASABAH MENGGUNAKAN JASA KEUANGAN SYARIAH (Studi Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Kendari)

ILHAM YAHYA, NIM: 17050102039, Y (2021) ETIKA PEMASARAN ISLAM DALAM MENDUKUNG MINAT NASABAH MENGGUNAKAN JASA KEUANGAN SYARIAH (Studi Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Kendari). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. SAMPUL ILHAM YAHYA.pdf

Download (391kB)
[img] Text
2. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (813kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (538kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf

Download (950kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf

Download (484kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf

Download (295kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (522kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BIOGRAFI PENULIS.pdf

Download (428kB)

Abstract

ABSTRAK ILHAM YAHYA, NIM : 17050102039,,. “Etika Pemasaran Islam Dalam Mendukung Minat Nasabah Menggunakan Jasa Keuangan Syariah” (Studi pada Bank Muamalat Kantor cabang Kendari) Dibimbing oleh Dr. Wahyudin Maguni, SE. M. SI., Sebagai Pembimbing I dan Dr. La Hadisi, S.Ag. M. Pd. I., Sebagai Pembimbing II Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana etika pemasaran Islam dalam mendukung keputusan nasabah menggunakan jasa keuangan syariah, dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan etika pemasaran Islam pada Bank Muamalat kc Kendari. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriftif. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah marketing dan nasabah pada Bank Muamalat kendari. Hasil penelitian ini Menunjukan bahwa etika pemasaran Islam pada Bank Muamalat dapat mendukung keputusan nasabah untuk menggunakan produk dan jasa Bank Muamalat. Dalam penerapan pemasarannya Bank Muamalat melayani nasabah dengan baik dan ramah hal ini membuat nasabah merasa senang dan nyaman sehingga nasabah tertarik untuk menggunakan jasa keuangan syariah. Adapun Faktor pendukung yaitu banyak masyarakat yang ingin hijrah dalam segi ekonomi dengan cara mulai menggunakan produk yang berbasis syariah dan juga tidak sedikit masyarakat yang ingin mendapat keuntungan yang lebih pada produk Bank Syariah. Untuk faktor penghambat yaitu, masih ada masyarakat yang menyamakan antara Bank Syariah dan Bank Konvensional padahal dari segi produknya sudah berbeda, dan juga masa pandemi seperti saat ini menjadi faktor penghambat yang cukup besar. Kata kunci : Etika Pemasaran Islam, Minat Nasabah, Jasa Keuangan Syariah ix ABSTRACT ILHAM YAHYA, NIM: 17050102039 ,,. "Islamic Marketing Ethics Costumer Interest In Supporting Costumer Interest In Using Islamic Financial Services” (Study at Bank Muamalat Kc kendari))" ... Supervised by, Dr. Wahyudin Maguni, SE. M. SI., As Advisor I and Dr. La Hadisi, S.Ag. M. Pd. I., As Advisor II This studyaims to determine how Islamic marketing ethic in support costumer decesions to use Islamic financial services. And what are the support and inhibiting factors in carrying out Islamic marketing ethics at Bank Muamalat Kc Kendari. The type of researvh in this research is qualitative research using a descriptive approach. The research method used in data collection is observation, interviews, and documentation. As for the data sources in this study are marketing and costumers of Bank Muamalat Kendari. The result of this study indicate that marketing ethics at Bank Muamalat can support costumer decisions to use Bank Muamalat products and services. In its marketing applications, Bank Muamalat marketing services costumer well, is friendly and speaks softly, this make costumers fell happy and comfortable so that costumers are interested in using Islamic financial services. as for the supporting and inhibiting factors in carrying out Islamic marketing ethics at Bank Muamalat Kendari, among other : supporting factors, namely many people who want to migrate in the economic field by starting to use syariah-based products and also not a few people who want to get more profit on product Bank Syariah. for the saving factor, namely, there are still people who equate between Islamic banks and convensional banks even though the products, and also during the pandemic like this time it is quite a large inhibiting factor. Keywords: Islamic Marketing Ethics, Costumer Interest, Islamic Financial Services

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Etika Pemasaran Islam, Minat Nasabah, Jasa Keuangan Syariah
Uncontrolled Keywords: Etika Pemasaran Islam, Minat Nasabah, Jasa Keuangan Syariah
Subjects: Fiqhi
Bank
Bank Islam
Ekonomi
Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 22 Sep 2021 06:51
Last Modified: 22 Sep 2021 06:51
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3150

Actions (login required)

View Item View Item