STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI UMAT BERAGAMA PADA SISWA SMA NEGERI 9 KENDARI

Muh. Afandy. 17010101021, M (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI UMAT BERAGAMA PADA SISWA SMA NEGERI 9 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Muh. Afandy. 17010101021. Strategi Guru PAI dalam Menanamkan Nilai�nilai Toleransi Beragama pada Siswa SMA Negeri 9 Kendari. Dibimbing oleh: Dra. Hj. St. Fatimah K. M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai toleransi di SMA Negeri 9 Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang juga merupakan penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada beberapa strategi guru PAI dalam menanamkan nila-nilai toleransi pada siswa SMA Negeri 9 Kendari di antaranya adalah strategi ekspositori, strategi pembelajaran berbasis masalah, strategi pembelajaran kontekstual (contextual teaching learning), membentuk kelompok-kelompok diskusi saat pembelajaran, dan juga memberikan tauladan yang baik pada siswa berupa menghormati orang yang beragama lain. Hal tersebut dilakukan di dalam kelas, pada saat apel, dan juga pada saat kegiatan imtaq dan hari-hari besar Islam. (2) Kendala yang dihadapi guru dalam penelitian ini ada dua secara garis besarnya. Pertama siswa yang susah diatur dan tidak mendengar, siswa seperti ini dapat menjadi kendala karena mereka tidak memperdulikan nasehat dari gurunya dan malah mengabaikannya, termasuk dalam pembelajaran mengenai toleransi. Dan yang kedua adalah siswa yang sering mengikuti kajian-kajian di luar sekolah sehingga menjadi fanatik terhadap agama, sikap fanatik akan menjadikan siswa memiliki sikap yang keras terhadap agama lain, sehingga menurunlah nilai dan sikap toleransi antar sesama.Adapun solusi dari kendala pertama adalah dengan menasehatinya, memberikan pemahaman yang benar akan pentingnya toleransi, serta memberikan pemahaman bahwa semua kita di sini adalah bersaudara. Dan kendala kedua dapat diatasi dengan melakukan pendekatan khusus kepada siswa yang bersangkutan, menanyakan tentang kajian yang diikutinya, dengan siapa dia mengikuti kajian dan lain sebagainya. Kata Kunci: Strategi, Guru PAI, Nilai-nilai Toleransi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Strategi, Guru PAI, Nilai-nilai Toleransi
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru PAI, Nilai-nilai Toleransi
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:14
Last Modified: 19 Jan 2022 06:14
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3277

Actions (login required)

View Item View Item