IDRIS ASHARI ASAP, NIM: 11010101029 (2015) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 35 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
COPER.docx Download (58kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (95kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (30kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (25MB) |
Abstract
ABSTRAK IDRIS ASHARI ASAP, NIM, 11010101029. “Peran Kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 35 Konawe Selatan”, melalui binbingan Ibu Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I dan Ibu Dr. Ambar Sri Lestari M.Pd. Pendidikan merupakan faktor penting dan menentukan kehidupan suatu bangsa. Kemajuan suatu bangsa sangat tergantung pada tingkat pendidikan yang diperolehnya. Pendidikan agama khususnya pendidikan agama Islam yang memiliki peran dan kontribusi besar dalam mewujudkan bangsa yang bermutu. Dan untuk mewujudkan pendidikan Islam yang baik maka dibutuhkan kerja Kepala Sekolah yang baik pula. Karena itu, melalui penelitian ini penulis hendak mengungkapkan ”Peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 35 Konawe Selatan”. Masalah yang hendak dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 35 Konawe Selatan, bagaimana peran kepala sekolah dalam usaha peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 35 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang mencoba membaca fenomena di lapangan dengan apa adanya. Artinya peneliti hanya mendeskripsikan temuan-temuan di lapangan sesuai apa yang terjadi prospektif obyek di lapangan. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahapan analisis yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilkukan melalui teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulai waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 35 Konawe Selatan bervariasi contoh mutu baca tulis Al-Qur’an kelas VII, VIII dan IX berbeda. Kelas VII menunjukkan mutu baca tulis Al-Quran cukup rendah sedangkan mutu baca tulis Al-Qur’an kelas VIII dan IX sudah cukup baik. peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam dapat diuraikan sebagai berikut: (1) berperan sebagai leader (pemimpin) mengarahkan guru agama Islam agar mengajar dengan baik, (2) berperan sebagai menejer kepala sekolah mengarahkan guru agama Islam untuk menyusun program-program pembelajaran, (3) berperan sebagai educator (pendidik) selalu mendidik guru agama untuk mengajar dengan baik, (4) berperan sebagai administrator mengarahkan guru agama untuk menyediakan administrasi sebelum mengajar, (5) berperan sebagai supervisor mengawasi cara mengajar guru agama Islam, (6) berperan sebagai motivator memotivasi guru agar terdorong untuk mengajar dengan baik, (7) berperan sebagai inovator dengan menciptakan kegiatan kegiatan ekstrakulikuler berbasis Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I dan Ibu Dr. Ambar Sri Lestari M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | KEPALA SEKOLAH, MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Subjects: | Filsafat dan Perkembanganya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 01:56 |
Last Modified: | 03 Oct 2017 01:56 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/329 |
Actions (login required)
View Item |