PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA DI SDN JAWI-JAWI KEC. BUNGKU SELATAN KAB. MOROWALI

Nurainun, NIM: 15010104039, N (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA DI SDN JAWI-JAWI KEC. BUNGKU SELATAN KAB. MOROWALI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (468kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (392kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (373kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRACT Nurainun, NIM: 15010104039 Peran Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa di SDN Jawi-jawi Kec. Bungku Selatan Kab. Morowali. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kendari melalui bimbingan bapak Aliwar, S.Ag, M. Pd This qualitative research aims to identify student discipline and the role of teachers in improving student discipline. To get the data needed in this study, the researchers used observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that in the formulation of the first problem, students at SDN Jawi-Jawi find it difficult to show a disciplined attitude in following each lesson, dress according to the rules and attend school. The form of student discipline At SDN Jawi-Jawi, it has always been accustomed to discipline its students, because discipline can build intelligent and character human beings so that students become quality students. In the formulation of the second problem, the role of the teacher in improving student discipline, the teacher has tried to the maximum, mistaking has become an educator for his students, the teacher has become a guide for his students and the teacher has become a role model for his students, this is done to improve student discipline. The role of the teacher as an educator so that the teacher who is responsible is a teacher who knows, understands values, norms (morality, decency, morals, social, and religion) and always tries to adjust all his / her behavior and behavior according to the values and norms. . As a guide, the teacher is also responsible for formulating clear goals, determining travel times, determining the path to be taken, using travel directions and assessing the smoothness according to the needs and abilities of students. The teacher is a figure who is used as a model, namely a role model for students, so that the teacher must be able to display good attitudes and behavior so that they can be imitated by students. Keywords: Student Discipline, Teacher Role ii ABSTRAK Nurainun, NIM: 15010104039 Peran Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa di SDN Jawi-jawi Kec. Bungku Selatan Kab. Morowali. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kendari melalui bimbingan bapak Aliwar, S.Ag, M. Pd Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi kedisiplinan siswa dan peran guru dalam meningkatkan disiplin siswa. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini, maka peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pada rumusan masalah pertama, siswa di SDN Jawi-Jawi susah menunjukkan sikap disiplin dalam mengikuti setiap pelajaran, berpakaian sesuai aturan dan kehadiran ke sekolah. Bentuk disiplin siswa Di SDN Jawi-Jawi memang dari dahulu sudah dibiasakan untuk disiplin siswa nya, karena disiplin dapat membangun insan yang cerdas dan berkarakter sehingga siswa menjadi pelajar yang berkualitas. Pada rumusan masalah kedua, peran guru dalam peningkatan disiplin siswa guru sudah berupaya dengan maksimal, giru sudah menjadi pendidik bagi siswa nya, guru sudah menjadi pembimbing bagi siswa nya dan guru sudah menjadi teladan bagi para siswa nya hal ini dilakukan guna meningkatkan kedisiplinan siswa. Peran guru sebagai pendidik sehingga guru yang bertanggung jawab adalah guru yang mengetahui, memahami nilai-nilai, norma- norma (kesusilaan, kesopanan, moral, sosial, maupun keagamaan) dan selalu berusaha untuk menyesuaikan segala tindak-tanduk dan perilakunya sesuai dengan nilai dan norma. Sebagai pembimbing sehingga guru juga bertanggungjawab untuk merumuskan tujuan secara jelas, menetapkan waktu perjalanan, menetapkan jalan yang harus ditempuh, menggunakan petunjuk perjalanan serta menilai kelancarannya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik. Guru merupakan sosok yang dijadikan model yaitu teladan bagi siswa, sehingga guru harus mampu menampilkan sikap dan perilaku yang baik agar dapat ditiru oleh para siswa. Kata Kunci : Disiplin Siswa, Peran Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Disiplin Siswa, Peran Guru
Uncontrolled Keywords: Disiplin Siswa, Peran Guru
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:09
Last Modified: 20 Jan 2022 07:09
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3290

Actions (login required)

View Item View Item