PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDEN TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA RODA PUTAR UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN PADA KELAS V SDN 3 RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN

RINI, NIM. 15010104100, R (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDEN TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA RODA PUTAR UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN PADA KELAS V SDN 3 RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 SAMPUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK RINI, NIM. 15010104100. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studen Team Achievement Division (Stad) Dengan Media Roda Putar Untuk Menigkatkan Hasil Belajar PPKN Pada Kelas V SDN 3 Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan. Dibimbingan oleh: Raehang, S. Ag., M.Pd. I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studen Team Achievement Division (Stad) Dengan Media Roda Putar Untuk Menigkatkan Hasil Belajar PPKN Pada Kelas V SDN 3 Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reserch). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Ranomeeto pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan 2x pertemuan. Waktu pelaksanaan setiap pertemuan yaitu 2x35 menit, setiap pertemuan ke 2 dimasing-masing siklus dilakukan evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Indikator kinerja yang dicapai dalam penelitian ini apa bila standar keberhasilan atau kelulusan sebagaimana yang telah ditetapkan pada standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah tersebut yaitu apa bilah siswa memahami materi atau memperoleh nilai ≥70, maka siswa dinyatakan telah mencapai ketutasan hasil belajar secara individu dan ketuntasan secara klasikal dinyatakan telah berhasil apa bila mencapai 75%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan berdasarkan hasil tes yang diberikan. Tes awal menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh siswa 61. Hasil rata-rata siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,05 dengan persentase 65% dan pada siklus II nilai rata-rata 77,5 dengan persentase 90%. Dengan demikian metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Studen Team Achievement Division (Stad) dengan media roda putar dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Kooperatif Tipe Studen Team Achievement Division (Stad); Media Roda Putar; Hasil Belajar; PPKN

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kooperatif Tipe Studen Team Achievement Division (Stad); Media Roda Putar; Hasil Belajar; PPKN
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Studen Team Achievement Division (Stad); Media Roda Putar; Hasil Belajar; PPKN
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 27 Jan 2022 01:48
Last Modified: 27 Jan 2022 01:48
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3321

Actions (login required)

View Item View Item