MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA HURUF HIJAIYYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU MATA PELAJARAN PAI KELAS I SD NEGERI I POPALIA KECAMATAN TOGO BINONGKO

Syafitri Asmawati, NIM 16010104010, S (2022) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA HURUF HIJAIYYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU MATA PELAJARAN PAI KELAS I SD NEGERI I POPALIA KECAMATAN TOGO BINONGKO. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (865kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Syafitri Asmawati, NIM 16010104010, Meningkatkan Keterampilan Membaca Materi Huruf Hijaiyyah Dengan Menggunakan Media Kartu Mata Pelajaran Pai Kelas I SD Negeri I Popalia Kecamatan Togo Binongko,Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui bimbingan Dr. Samrin M.Pd.I Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan dalam memahami huruf hijaiyyah menggunakan media kartu pada peserta didik di SDN 1 Popalia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Posedur penelitian ini mseliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Popalia. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung pencapaian ketuntasan keterampilan peserta didik dalam memahami huruf hijaiyyah menggunakan media kartu. Berdasarkan analisis hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan media kartu dapat meningkatkan keterampilan dalam memahami huruf hijaiyyah peserta didik SD Negeri 1 Popalia. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar peserta didik yang diperoleh peserta didik pada pra siklus sebesar 37,5% dengan nilai rata-rata 61,25. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I, persentase ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 62,5% dengan nilai rata-rata adalah 65. Kemudian dilanjutkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 87,5% dengan nilai rata-rata 78,75. Adapun peningkatan kemampuan peserta didik dalam memahami huruf hijaiyyah dari pra siklus ke siklus I sebesar 66,67%, peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 40%. Dan peningkatan kemampuan peserta didik dari pra siklus sampai dengan siklus II sebesar 13,33%. Kata Kunci: Keterampilan, Membaca Huruf Hijaiyyah, Media Kartu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Keterampilan, Membaca Huruf Hijaiyyah, Media Kartu
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Membaca Huruf Hijaiyyah, Media Kartu
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 27 Jan 2022 08:02
Last Modified: 27 Jan 2022 08:02
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3325

Actions (login required)

View Item View Item