STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 06 RANOMEETO BARAT KAB. KONAWE SELATAN

SAMTRINING NIM: 1I010103074,, S (2022) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 06 RANOMEETO BARAT KAB. KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (999kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (837kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (829kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (805kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (425kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK SAMTRINING NIM: 1I010103074, Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Negeri 06 Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan, Dibimbing Dra. Hj. Marlina, M.Pd.I. Skripsi ini mengkaji Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru SDN 06 Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan dengan mengangkat masalah bagaimana gambaran strategi Kepala Sekolah dalam mengembangkan Kompetensi guru terkhusus kompetensi dalam mengelola pembelajaran dan bagaimana gambaran kompetensi guru SDN 06 Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan. Masalah tersebut akan dikaji secara ilmiah dengan menggunakan penelitian kualitatif. Masalah ini diangkat atas dasar adanya tantangan pendidikan yang semakin kompleks. Sehingga perlu ada upaya dan strategi dari seorang pemimpin dalam mensiasati agar target dan tujuan pendidikan dapat dicapai. salah satu hal yang harus diupayakan adalah bagaimana mengembangkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 06 Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dalam bentuk deskripsi tersebut kemudian di analisis dengan tiga tahapan yaitu reduction data, data display, conclusion drawing/verification. Dan hal yang tidak boleh di tinggalkan yaitu pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan Kompetensi Pedagogik guru di SDN 06 Ranomeeto Barat meliputi strategi Perencanaan di antaranya a). mengikutkan guru dalam pelatihan pendidikan keprofesionalan, b). sering mengadakan rapat c). mengadakan diskusi antara guru-guru dan kepala sekolah diwaktu senggang), d). berkunjung ke sekolah lain guna mendapatkan wawasan baru. Strategi Pelaksanaan: a). membimbing guru-guru tentang cara-cara mempelajari pribadi dan atau mengatasi problem yang dialami murid, b). membimbing guru-guru dalam pelaksanaan kurikulum sekolah, c). mengevaluasi guru. Di dalam pengawasan terdiri dari: a). mengadakan observasib). mengadakan kunjungan kelas, (2). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan Kualitas guru di SDN 06 Ranomeeto Barat tergolong baik sebab memiliki kualifikasi pendidikan profesi yang memadai, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, mempunyai jiwa kreatif dan produktif, Memiliki semangat juang yang tinggi, Mampu mewujudkan dirinya dalam perkembangan IPTEK, Memiliki etos kerja yang kuat, semakin disiplin dan tepat waktu dan kemudahan dalam memberikan pembelajaran kepada siswa dengan adanya persediaan sarana dan prasarana seperti buku paket,dan jenis alat peraga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KOMPETENSI PEDAGOGIK, KINERJA, KEOALA SEKOLAH,
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI PEDAGOGIK, KINERJA, KEOALA SEKOLAH,
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 28 Jan 2022 00:52
Last Modified: 28 Jan 2022 00:52
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3327

Actions (login required)

View Item View Item