NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN MASYARAKAT (Survey di Masyarakat Kadolokatapi Tahun 2020)

SUWARDIN 18040202020, S (2022) NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN MASYARAKAT (Survey di Masyarakat Kadolokatapi Tahun 2020). Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN MASYARAKAT (Survey Masyarakat Kadolokatapi Tahun 2020) ABSTRAK Penelitian kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan kegiatan keagamaan serta mengungkap nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan keagamaan masyarakat Kadolokatapi. Pendekatan penelitian mengunakan teologis normatif, pedagogis, sosiologis Data dikumpulkan melalui Instrumen yang digunakan peneliti sendiri sebagai instrumen kunci (Key Instrument), observasi, wawancara, dan dokumentasi kegiatan keagamaan masyarakat Kadolokatapi tahun 2020. Data kemudian dianalisis berdasarkan kerangka analisis deduktif dan induktif. tehnik pengelolaan data melalui reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data berdasarkan sumber data, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwaada beberapa kegiatan keagamaan masyarakat yaitu yasinan rutin malam jum‟at, dalam pelaksanaannya terbagi menjadi dua waktu dan lokasi. Tahlilan, pelaksanaannya tidak terikat oleh waktu kapan dan dimanapun namun sering dilakukan ketika ada masyarakat yang meninggal tujuannya untuk mendoakan keluarga yang telah meninggal dunia. Memperingati hari besar islam (PHBI), seperti Maulid nabi Muhammad Saw, menyambut tahun baru islam, dan Halal bilhalal. Nilai nilai Pendidikan karakter yaitu nilai religius, nilai kerja keras, nilai bersahabat / komunikatif, nilai peduli sosial, nilai rasa ingin tahu, dan nilai cintah tanah air dan nilai disiplin. xxi قيمت تعليم الشخصياث في األنشطت الدينيت المجتمعيت )مسح مجتمع كدول كتفي 2020) نبذة مختصرة َهذف هزا اىبحث اىْىعٍ إىً وصف األّشطت اىذَُْت واىنشف عِ قٌُ اىخشبُت اىشخصُت فٍ األّشطت اىذَُْت ىَجخَع ٍجخَع مذوه مخفٍ. َسخخذً ّهج اىبحث بُاّاث الهىحُت ٍعُاسَت وحشبىَت واجخَاعُت. حٌ جَع اىبُاّاث ٍِ خاله األدواث اىخٍ َسخخذٍها اىباحثىُ أّفسهٌ مأدواث سئُسُت ، واىَالحظاث ، واىَقابالث ، وحىثُق األّشطت اىذَُْت ىَجخَع مذوه مخفٍ فٍ عاً 0202 .ثٌ حٌ ححيُو اىبُاّاث بْا ًء عيً إطاس اىخحيُو االسخْخاجٍ واالسخقشائٍ. حقُْاث إداسة اىبُاّاث ٍِ خاله حقيُو اىبُاّاث وعشض اىبُاّاث واسخخالص اىْخائج. َخٌ اخخباس صحت اىبُاّاث عِ طشَق حثيُث اىبُاّاث بْا ًء عيً ٍصادس اىبُاّاث واىخقُْاث واىىقج. وأظهشث ّخائج اىذساست أُ هْاك عذة أّشطت دَُْت ٍجخَعُت ، وهٍ ىُيت اىجَعت َاسُْاُ ، حُث َخٌ حقسٌُ اىخْفُز إىً ٍناُِّ وٍىقعُِ. حهيُال، حطبُقه غُش ٍشحبظ باىىقج وفٍ أٌ وقج وفٍ أٌ ٍناُ وىنْه َخٌ غاىبًا عْذٍا ََىث اىَجخَع إحُاء رمشي األعُاد اإلسالٍُت، ٍثو ٍىىذ اىْبٍ ٍحَذ ، واىخشحُب باىعاً اإلسالٍٍ اىجذَذ ، وحاله بيهاله. قٌُ حعيٌُ اىشخصُت هٍ اىقٌُ اىذَُْت وقٌُ اىعَو اىجاد واىقٌُ اىىدَت / اىخىاصيُت وقٌُ اىشعاَت االجخَاعُت وقٌُ اىفضىه وحب اىىطِ وقٌُ االّضباط. xxii VALUE OF CHARACTER EDUCATION IN COMMUNITY RELIGIOUS ACTIVITIES (2020 Kadolokatapi Community Survey) ABSTRACT This qualitative research aims to describe religious activities and reveal the values of character education in the religious activities of the Kadolokatapi community. The research approach uses normative, pedagogical, sociological theological data. Data were collected through instruments used by the researchers themselves as key instruments, observations, interviews, and documentation of the religious activities of the Kadolokatapi community in 2020. The data were then analyzed based on a deductive and inductive analysis framework. data management techniques through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Testing the validity of the data is done by triangulation of data based on data sources, techniques, and time. The results of the study indicate that there are several community religious activities, namely Yasinan routine Friday nights, in its implementation it is divided into two times and locations. Tahlilan, its implementation is not bound by time, anytime and anywhere but is often done when a community dies. Commemorating Islamic holidays (PHBI), such as the Maulid of the Prophet Muhammad, welcoming the Islamic new year, and Halal bilhalal. The values of character education are religious values, hard work values, friendly/communicative values, social care values, curiosity values, and love for the homeland and discipline values

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PENDIDIKAN KARAKTER, KEAGAMAAN MASYARAKAT
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN KARAKTER, KEAGAMAAN MASYARAKAT
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Ahlak
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:47
Last Modified: 28 Jan 2022 02:47
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3341

Actions (login required)

View Item View Item