ZULKIFLIN GANING, NIM : 11010101151 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MURID KELAS V SD NEGERI WANDOKA KECAMATAN WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
COVER.docx Download (68kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (22kB) |
Abstract
ABSTRAK Zulkiflin Ganing. 11 010101 074. “Peningkatan Hasil Belajar PAI Melalui Metode Demonstrasi Pada Murid Kelas V SD Negeri Wandoka Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi”. Melalui bimbingan Ibu Ir. Hj. St. Ety Nur Inah, M.Si. dan Bapak Samrin, M.Pd.I Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan murid pada materi pelajaran PAI, khususnya pada materi-materi yang sifatnya aplikatif. Pada umumnya, murid-siswi dapat menguasai materi secara konseptual namun lemah dalam menguasai pelaksanaan atau aplikasi dari materi tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti melihat metode demonstrasi sebagai alternatif metode yang tepat untuk mengatasi masalah pembelajaran di atas. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran PAI di Kelas V SD Negeri Wandoka Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch). Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembaran observasi dan instrumen tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan peningkatan hasil belajar murid dianalis dengan rumus kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas V SD Negeri Wandoka Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi. Hal itu dibuktikan dengan hasil evaluasi belajar yang menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari satu siklus ke siklus berikutnya. Dari hasil evaluasi pra tindakan diketahui nilai rata-rata kelas sebesar 68,73 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 59,09%. Setelah tindakan siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 71,73 dan persentase ketuntasan sebesar 63,64%. Mengingat persentase ketuntasan belajar siswa belum memenuhi indikator kinerja sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mencapai 76,95 dan persentase ketuntasan sebesar 90,91 %. Persentase ketuntasan belajar tersebut telah melampaui indikator kinerja yang mensyaratkan “75% dari siswa mengalami ketuntasan belajar”. Dengan pencapaian tersebut berarti hipotesis tindakan telah dibuktikan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas V SD Negeri Wandoka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Ir. Hj. St. Ety Nur Inah, M.Si. dan Samrin, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR PAI, METODE DEMONSTRASI |
Subjects: | Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 06:29 |
Last Modified: | 03 Oct 2017 06:29 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/335 |
Actions (login required)
View Item |