EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AHKLAK DI MAN I BOMBANA

Musriani, Nim: 16010101014, M (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AHKLAK DI MAN I BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (763kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (949kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (574kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Musriani, Nim: 16010101014 dengan Judul Penelitian “Efektivitas Penggunaan Metode Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Ahklak Di Man I Bombana”, Program Studi Pendidikan Agama Islam. (Dibimbing oleh Dr. Masdin M.Pd) Penelitian ini membahas mengenai salah satu metode yang digunakan pada proses pembelajaran di MAN 1 Bombana, dengan sub pembahasan yaitu: 1) Bagaimana penggunaan metodereward dan punishmentdalam pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Bombana, 2) Bagaimana efektifitas penggunaanreward and punishment dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MAN I Bombana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dimana peneliti memberikan gambaran tentang kejadian dilapangan secara sistematis dan faktual. Objek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah guru akidah akhlak dan siswa di MAN 1 Bombana. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik observasi, wawancara,dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.Untuk pengecekkan keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi (sumber, tekhnik dan waktu), diskusi dengan teman, dan analisis kasus negatif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa metode reward dan punishment yang digunakan dalam pembelajaran akidah akhlah di MAN 1 Bombana, untuk reward yang digunakan yaitu dalam bentuk: 1) pujian seperti memberikan tepuk tangan dan mengacungkan jempol, 2) memberikan uang tunai, dan 3) memberikan permen serta alat tulis ketika siswa berhasil menjawab pertanyaan dari guru. Sedangkan punishment yang digunakan yaitu 1) pengurangan nilai atau poin, 2) Menghafalkan surat-surat dalam Al�Qur’an, 3) penambahan tugas, 4) berdiri di depan kelas dengan menghadap ke teman kelas, dan 5) membersihkan kelas atau halaman sekolah. Mengenai efektifitas penggunaanreward and punishment dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Bombana yaitu dengan diterapkannya metode reward dan punishment tersebut dirasa efektif dan mampu untuk memotivasi siswa dalam pembelajran, hal itu diketahui dari adanya perubahan sikap siswa dalam pembelajarannya. Kata kunci: Efektifitas belajar, , Motivasi belajar,Peserta didik. x ABSTRACT Musriani, Nim: 16010101014under the tittleof research “The Effectivitivess of The Use of the Method of Reward and Punishment in Enhancing the Student’s Learning Motivation at the Akidah Subject at MAN 1 Bombana”, Islamic Education study Program (Guided by Mr. Dr. Masdin M.Pd.) The reasch discussed one of the methods used in the learning process at MAN 1 Bombana, with the sub-discussion: 1) How to use the methods of reward and punishment in moral study at MAN 1 Bombana, 2) How effective the use of reward and punishment is in the akidah education at MAN 1Bombana. This study used qualitative research in which the researcher gave an overview of events in the field systematically and factually. The object in this research is the principal, the akidah teacher an the student at MAN 1 Bombana. Data collection was done by observation, interview, and documentation. For a verifying test of data result through credibility, extended observatiom, triangulation (source, engineering and time), discussion with friends and negative case analysis. The result of this study revealed that the method of death at punishment used in the edifying study of MAN 1 Bombana, for reward used that is in the form 1) compliments like giving the palm and shaking it, 2) charging cash, and 3) giving candy and writing tools the student is able to answer questions from teachers. And the punishment used was 1) value reduction or pound, 2) memorizing letters in the Qur’an, 3) updated duty, 4) prefaced in the forward with a classmate, and 5) cleaning up a classroom or school yard. About effectiveness the use of reward and punishment in moral education at MAN 1 Bombana is defined by the method of reward and punishment it is felt to be effective and able to motivate students in learners it is known from changes in a student’s attitude in his or her learning. Keyword: Learning effectiveness,Learning motivation, Student’s.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Efektifitas belajar, , Motivasi belajar,Peserta didik
Uncontrolled Keywords: Efektifitas belajar, , Motivasi belajar,Peserta didik
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Mar 2022 01:57
Last Modified: 10 Mar 2022 01:57
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3369

Actions (login required)

View Item View Item